Balangan, (Antaranews Kalsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, mengimbau warga agar terus tetap bersiaga untuk antisipasi adanya air bah susulan jika terjadi hujan.


Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love Rabu di Paringin mengatakan, hingga Rabu (11/5) pagi tadi, air yang merendam empat Kecamatan Juai, Tebing Tinggi, Awayan dan Paringin selatan sudah surut.

"Kami memonitor ke lapangan, banjir sudah mulai surut di daerah yang mengalami banjir kemarin sejak pagi hari. Namun masih tatap kami pantau, mudahan hari ini sudah surut semua," katanya.

Alive juga berpesan agar warga tetap siaga, karena jika ada hujan susulan di wilayah barat Balangan, sangat memungkinkan air yang merendam akan lambat turun, karena saat ini air sungai batang Balangan sudah meluap.

"Air yang merendam di empat kecamatan kemarin kini sudah mengalir ke sungai batang Balangan, bahkan hampir mencapai bibir sungai dan jalan raya, sehingga jika ada hujan susulan maupun air bah susulan, akan membuat air lambat surut," jelasnya.

Air sungai batang Balangan sejak Selasa (10/5) malam mengalami peningkatan kedalaman, bahkan bertambah hingga dua meter lebih dan kini hampir mencapai bibir sungai dan jalan raya.

Air kiriman dari pegunungan meratus di sebelah barat Kabupaten Balangan, ditambah hujan deras yang terjadi dua hari berturut-turut tersebut sempat merendam empat kecamatan hingga hampir dua hari sejak Selasa (10/5) hingga hari Rabu (11/5) dan kini sudah mulai berangsur surut karena air menuju hilir sungai arah ke sungai Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016