Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak enam orang Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) dan Kepala Rumah Tahanan (Karutan) yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapat promosi jabatan berdasarkan Keputusan Kemenkumham nomor SEK-08.KP.03.03.Tahun 2016.

"Promosi jabatan atau lebih dikenal mutasi ini bagian dari tour of duty and tour of area sebagai upaya penyegaran," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kalsel Harun Sulianto di Banjarmasin, Kamis.

Ia mengatakan, penyegaran dalam jabatan itu sangat perlu dilakukan apalagi kepada pejabat yang lebih dua tahun menempati jabatannya, karena sekarang ini tantangan di Lapas/Rutan sangat berat.

Rotasi dan mutasi seperti ini diharapakan ada energi baru menuju perubahan pemasayarakatan yang lebih Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif (PASTI).

Harun terus mengatakan enam Kalapas/Karutan yang promosi jabatan itu di antaranya Kepala Lapas Kelas IIA Banjarmasin, Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Martapura, Kepala Lapas Kelas  III Banjarbaru, Kepala Rutan Kelas IIB Pelaihari, Kepala Rutan Kelas IIB Rantau dan Kepala Rutan Kelas IIB Kandangan.

Untuk Kalapas Banjarmasin Eddy Teguh Widodo menduduki jabatan baru sebagai Kalapas Besi Nusa Kambangan di gantikan oleh Hendara Eka Putera Kalapas IIA Pasir Putih Nusa Kambangan.

Kepala LPKA Kelas I Martapura, menjadi Kabid Kamkeswatbasan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara digantikan Tri Saptono Sambudji Kalapas Kelas II B Cianjur.

Kalapas Kelas III Banjarbaru Aldikan Nasution menjadi Kepala Rupbasan Kelas I Palembang digantikan oleh Akhmad Herriansyah Kepala Kesatuan Pengamanan LPKA Kelas  I Martapura.

Selanjutnya, Kepala Rutan Kelas IIB Pelaihari RM Kristiyo Nugroho promosi jabatan menjadi Kepala Rutan Kelas IIA Samarinda digantikan oleh Muhammad Kamal mantan Kepala Rutan Kelas II B Bantaeng Sulsel.

Kemudian, Kepala Rutan Rantau Heru Yuswanto menjadi Kepala Lapas Kelas III Bontang digantikan Kepala Lapas Narkotika Kelas  III Muara Sabak Jambi Muhammad Najib.

Lanjutnya, Kepala Rutan Kandangan Erwin Saleh Siregar menjadi Kepala Lapas Kelas III Blangpidie Aceh digantikan oleh mantan Kepala Rutan Kelas IIB Poso Bejo S.

"Kepada pejabat lama kami ucapkan terima kasih banyak atas kerja samanya selama ini di jajaran Kemenkumham Kalsel, dan untuk pejabat baru semoga cepat beradaptasi di lingkungan kerja yang baru," ujarnya.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016