Kotabaru, (AntaranewsKalsel) - Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menyiapkan "doorprize" atau hadiah untuk memancing kehadiran pemilih ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).


"Panitia yang menyediakan doorprize adalah Desa Tegal Rejo, Kecamatan Kelumpang Hilir," kata Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kotabaru Zabidi, di Kotabaru, Jumat.

Doorprize yang disiapkan oleh panitia berupa 45 jenis barang, mulai dari barang sembilan bahan pokok, elektronik seperti mesin cuci, kulkas, kipas angin, pesawat televisi dan yang lainnya.

Dikatakan, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Tegal Rejo diikuti oleh lima calon, yakni, Tugino, Miswanto, Afid Kudin, Normawati dan Purwanto.

Sedangkan jumlah penduduk Desa Tegal Rejo yang memiliki hak memilih sebanyak 3.667 jiwa.

"Diharpkan, dengan pembagian doorprize tersebut, tingkat kehadiran pemilih bisa lebih besar, karena semakin besar prosentasi kehadiran pemilih untuk mempergunakan hak suaranya mempengaruhi legitimasi kepala desa terpilih," paparnya.

Sementara itu, Kabupaten Kotabaru yang terdiri dari 202 desa/kelurahan dan 21 desa akan menggelar Pilkades serentak 30 April 2016 di 148 desa.

Zabidi menambahkan, semula jumlah desa yang dijadwalkan menggelar Pilkades serentak 163 desa. Dan sebagian desa Badan Permusyawaratan Desa (BPD)-nya belum dilantik, sebagian lagi calon Kepala Desa (Kades) yang mendaftar hanya satu orang, sehingga jumlah desa yang direncanakan menggelar Pilkades berkurang menjadi 150 desa.

Jumlah tersebut berkurang dua desa karena pelaksanaan Pilkades ditunda, yakni, Desa Bangkalan Dayak, Kecamatan Kelumpang Hulu, dan Desa Sembilang, Kecamatan Kelumpang Tengah.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016