Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan seluruh wilayah di Kalimantan Selatan berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada Kamis.

Situs BMKG menyebutkan hujan lebat disertai Petir dan angin kencang terjadi pada Siang hingga Sore hari, di wilayah Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Kotabaru, dan Tanah Bumbu.

Hujan lebat disertai Petir dan angin kencang tersebut, masih berpotensi terjadi di Malam hari, di Wilayah Kabupaten, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, Tabalong, Kotabaru dan Tanah Bumbu.

Sementara itu pada dini hari, seluruh wilayah Kota dan Kabupaten di Kalimantan Selatan masih berpotensi di guyur hujan dengan intensitas lebat.

Berikut link prakiraan cuaca dari situs BMKG: https://stamet.syamsudinnoor.bmkg.go.id/

BMKG mengimbau warga waspada terhadap dampak dari tingginya intensitas hujan tersebut, yang dapat menyebabkan jembatan rendah tidak dapat dilintasi, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi dalam sekala menengah, volume aliran sungai meningkat atau banjir, aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat skala menengah.

Wilayah yang diprediksi terdampak hujan lebat, antara lain Kabupaten Banjar (Astambul, Simpang Empat, Mataraman), Kabupaten Tapin (Binuang), dan Kabupaten Kotabaru (Kelumpang Hulu, Hampang, Sungai Durian)
 
Prakiraan Gelombang di wilayah Kalimantan Selatan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) per 9 Februari 2023. (ANTARA/ HO - BMKG)

Berikut link prakiraan cuaca dari situs BMKG: https://signature.bmkg.go.id/?1.648,121.025,5

Pihak BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terhadap perahu nelayan, kapal tongkang dan kapal feri  terhadap potensi gelombang tinggi yang dapat mencapai 2,5 meter di perairan selatan Kalimantan (Laut Jawa).
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023