Penerapan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) terus dipersiapkan oleh Pemkab HSU dengan memberi pelatihan seluruh Admin OPD/SKPD.

Dinas Perpustakaan dibantu Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian melaksanakan Pelatihan untuk pembuatan akun (Account) dan penggunaan aplikasi tersebut di Aula Dinas Perpustakaan, Kamis.

"Kita menerapkan aplikasi SRIKANDI karena amanah Undang-Undang dan instruksi Bupati tentang pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)," ujar Pelaksana tugas Kepala Dispus HSU H Karyanadi 
 
Plt Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten HSU H Karyanadi, SPd M.AP membuka Pelatihan pembuatan akun dan penggunaan Aplikasi SRIKANDI di Aula Kantor Dinas Perpustakaan Kabupaten HSU di Amuntai, Kamis (19/01/23). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Karyanadi mengatakan, sebelumnya Admin dari lima SKPD sebagai 'pilot project' yang secara khusus mendalami aplikasi SRIKANDI di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Sejak aplikasi SRIKANDI diluncurkan oleh pemerintah dan secara resmi di Launching oleh Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten HSU  bersama enam aplikasi lainnya  pada 31 Agustus 2022, Dispus HSU sudah bergerak untuk persiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana penunjang lain untuk penerapannya.

"Melalui pelatihan ini paling tidak struktur organisasi SKPD sudah ada di usernya masing-masing, dan karena keterbatasan anggaran SKPD di tahun 2023 khususnya kami dengan Diskominfosandi, nantinya kita akan jemput bola ke SKPD untuk menyelesaikan pembuatan SRIKANDI ini," ungkapnya.

Kepala Bidang E-Goverment dan Infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi Dinas Kominfosandi, Muzain mengatakan, SRIKANDI merupakan aplikasi yang diluncurkan Kemanpan-RB bersama Kemenkominfo, BSSN dan ANRI, sebagai aplikasi umum yang digunakan instansi pusat maupun daerah dalam pengelolaan kearsipan dinamis teintegrasi.
 
Para admin dari berbagai SKPD antusias mengikuti bimbingan teknis dan pelatihan pembuatan akun dan penggunaan Aplikasi SRIKANDI di Aula Kantor Dinas Perpustakaan Kabupaten HSU di Amuntai, Kamis (19/01/23). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

"Aplikasi ini nantinya akan teintegrasi keseluruh indonesia dan wajib digunakan oleh seluruh instansi, " terangnya 

Muzain berharap seluruh SKPD di Kabupaten HSU pada tahun ini sudah bisa menerapkan aplikasi SRIKANDI sehingga dapat meningkatkan secara teknis penerapan SPBE.

Berbagai aplikasi dalam rangka mendukung terwujudkan SPBE yang sudah diluncurkan oleh Dinas Kominfo dan Persandian diharapkan mampu meningkatkan pelayanan pemerintahan maupun pelayanan publik.

Selain aplikasi SRIKANDi, telah diluncurkan aplikasi lainnya yakni Sistem Informasi  Kepegawaian Online (SIKON), Sistem Informasi Presensi Pegawai (SIPP) berbasis android, Aplikasi e-Kinerja ASN, Satu Data HSU, Pusat Pelayanan Informasi Daerah (PPID) dan Aplikasi Help Desk.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023