Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan Fathurrahman mengajak anggotanya kalangan wartawan dari berbagai media untuk membangun banua melalui karya-karya jurnalistik.


"Untuk itu, wartawan hendaknya selalu istiqamah atau konsisten melaksanakan tugas dan fungsi pers, dengan tetap berpegang pada kode etik profesi," katanya saat sahur bersama anggota Kehormatan PWI Kalsel H Abdussamad Sulaiman HB di Banjarmasin, Minggu dinihari.


Sebagai contoh, wartawan harus tetap istiqamah dalam melakukan sosial kontrol serta pendidikan, bukan cuma sekedar pemberi informasi, lanjutnya didampingi Ketua Dewan Kehormatan PWI Kalsel H Gusti Rusdy Effendi AR.


"Karena sosial kontrol dari pers, juga bagian dari kepedulian atau keikut sertaan membangun banua Kalsel yang sama-sama kita cintai," tandasnya.


Pada acara sahur bersama itu, Ketua PWI Kalsel mengungkapkan, pihaknya tengah mengusulkan kepada Pengurus Pusatnya agar H.A. Sulaiman HB mendapatkan pena mas dan penganugrahan diharapkan pada Hari Pers Nasional (HPN) di Jambi, 2012.


Alasan pengusulan tersebut antara lain, karena politisi yang juga pengusaha terkenal di Kalsel dan Kalimantan Tengah itu, sejak lama menaruh kepedulian terhadap dunia pers, demikian Fathurrahman.


Sebelumnya, H.A. Sulaiman HB yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kalsel mengajak insan pers untuk selalu bekerjasama dalam upaya memajukan pembangunan daerah dan masyarakat di provinsi yang terdiri 13 kabupaten/kota tersebut.


Selain itu, "pegila bola" tersebut menyampaikan terima kasih kepada kalangan pers yang selama ini menaruh perhatian besar terhadap kegiatannya, baik yang berkaitan dengan bidang politik maupun usaha dan lainnya.


"Sebab tanpa wartawan, saya tak akan menjadi terkenal dan usaha tak akan bertambah maju," demikian Haji Leman sapaan akrab HA Sulaiman bin Haji Basirun.


Sahur bersama di kediaman Haji Leman - Jalan Kampung Melayu Darat Banjarmasin itu, selain dengan Pengurus PWI Kalsel, juga Pengurus DPD Partai Golkar dan Pengurus KONI tingkat provinsi tersebut dan manajemen PT Hasnur Group.


Dalam kesempatan itu pula, penyerahan bingkisan berupa uang dan kain sarung kepada PWI Kalsel, yang kini beranggotakan mencapai 370 orang./shn*C

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011