Kementerian Perhubungan RI mendorong Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin, Kalimantan Selatan, naik status menjadi kelas II.

"Insya Allah kalau tidak ada halangan, status tersebut akan disahkan oleh Kemenhub RI pada Maret 2023," kata Kepala KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin Samsuddin, di Batulicin Senin.

Ia mengatakan, naiknya status dari kelas III menjadi kelas II berdasarkan peningkatan jumlah penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Pada 2022, pendapatan KSOP Kotabaru-Batulicin ditargetkan sebesar Rp76 miliar, terhitung pada Januari-Agustus 2022 pendapatan yang terealisasi mencapai Rp90 miliar.

Pada September 2022, Kemenhub RI menargetkan kembali sebesar Rp116,7 miliar lebih dan yang terealisasi per 21 Desember 2022 sebesar Rp134,1 miliar lebih.

"Kalau dilihat dari persentase mencapai 115 persen dari target terakhir," jelasnya.

Menurut Samsuddin, kenaikan PNPB yang dihasilkan oleh KSOP Kotabaru-Batulicin dipengaruhi frekuensi pengapalan, seperti muat, berlalu lintas, jasa kepelabuhanan, jasa perkapalan, jasa navigasi, jasa konsesi dan jasa usaha lainnya.

"Saat ini, dalam satu bulan KSOP Kotabaru-Batulicin mengeluarkan izin berlayar kapal sebanyak 150 dokumen/hari. Kalau nanti statusnya sudah naik tidak menutup kemungkinan KSOP akan lebih sibuk lagi," terangnya.

Untuk mendukung status tersebut, pihak KSOP juga melakukan perubahan administrasi, kesiapan pelayanan dan mengoptimalkan SDM yang sudah ada untuk meningkatkan pelayanan.

Di sisi lain KSOP juga dibantu aplikasi "inafornet", untuk mempermudah para petugas saat bekerja.

Pihaknya juga bersinergi dengan pihak terkait dan pengguna jasa agar pelayanan pelayaran tetap maksimal.

"Sejauh ini ada lima KSOP di Indonesia yang bersiap untuk naik status, yakni KSOP Kotabaru-Batulicin dari kelas III menjadi kelas II,  Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Satui dari kelas III menjadi kelas II, KSOP Banjarmasin dari kelas II menjadi kelas I, dan KSOP Samarinda dari kelas II menjadi kelas I," jelasnya. 

Baca juga: Kalsel dukung pembangunan infrastruktur di Tanah Bumbu sebagai penyangga IKN
Baca juga: KSOP bersama DLH Tanah Bumbu gelar aksi bersih pantai
 

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022