Warga Desa Muara Jaya, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, menginginkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) serta pembangunan irigasi dan pembenahan jalan usaha tani (JUT).

"Untuk menunjang dan mempermudah kegiatan bertani, kami sangat memerlukan alsintan, seperti mesin traktor," kata perwakilan Kelompok Tani Bintang Timur 4 Desa Muara Jaya, Rasidi di Paringin, Kamis.

Dia melanjutkan, selain alsintan pihaknya juga mengharapkan pemerintah membangunkan sistem irigasi dan pembenahan jalan usaha tani di desa mereka.

Bupati Balangan Abdul Hadi, mengarahkan kepada kelompok tani agar membuat dan menyerahkan proposal kepada dinas terkait, karena pada anggaran perubahan tahun 2023 pihaknya akan fokus ke pertumbuhan ekonomi berbasis pertanian dan perkebunan.

"Silakan buat proposal, pada (APBD) perubahan tahun anggaran 2023 kita akan fokuskan untuk pertumbuhan ekonomi berbasis pertanian dan perkebunan," tuturnya.

Di samping itu, pihaknya juga sudah melakukan konsultasi dengan Balai Sungai agar ke depannya pemerintah daerah bisa bersinergi dalam pembangunan irigasi untuk kemajuan petani-petani di Kabupaten Balangan.

"Semoga saluran irigasi ini bisa cepat diselesaikan sehingga target kita untuk tiga kali atau empat kali tanam dalam satu tahun bisa tercapai," sebut dia.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022