Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK menerangkan, Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang dulu hanya terjangkau dengan angkutan air, kini sudah terhubung jalan darat.

"Dengan keberadaan jalan darat tersebut datangkan banyak manfaat," ujarnya melalui telepon seluler kepada Antara Kalsel di Banjarmasin, Selasa.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten HSU, Balangan dan Kabupaten Tabalong itu mengatakan, manfaat dengan keberadaan jalan darat di Paminggir tersebut tidak cuma memperlancar transportasi, tetapi semakin tumbuh dan berkembangnya ekonomi kerakyatan.

"Pasalnya dengan keberadaan jalan darat Paminggir tersebut akses semakin mudah atau dulu terisolasi/terpinggirkan, kini makin menjadi perhatian," ujar anggota DPRD Kalsel dua periode tersebut.

Sebagai contoh kalau dulu dari Amuntai (185 kilometer utara Banjarmasin), ibukota HSU berjam-jam menuju Paminggir yang berada dalam kawasan rawa monoton, kini tak sampai satu jam lagi.

Begitu pula kalau dulu mengangkut hasil usaha mereka setempat hanya menggunakan angkutan air, kini bisa jalan darat dan lebih cepat untuk membawa ke pasar, lanjutnya.

"Masih banyak manfaat lain dengan keberadaan jalan darat Paminggir. Karenanya warga masyarakat setempat khususnya bangga dan berterimakasih, sebab mereka tidak lagi terpinggirkan," tambahnya.

Jalan darat Paminggir tersebut juga bisa mengakses daerah yang bertetangga dengan HSU dan prospeknya semakin ramai, demikian Supian HK.



 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022