Soto Banjar, salah satu kuliner khas daerah Banjar Kalimantan Selatan (Kalsel) "mengepakkan sayap" keluar provinsi, antara lain ke DKI Jakarta, Ibu Kota Negara Republik Indonesia.

Anggota DPRD Kalsel HM Rosehan Noor Bahri melalui telepon seluler, Ahad, menyatakan menyambut gembira pengembangan usaha kuliner khas Banjar tersebut.

Menurut wakil rakyat yang akrab dengan sapaan Julak Rossi itu, dengan keberadaan soto Banjar di mana-mana memudahkan orang Banjar yang bepergian atau perantauan untuk menikmati kuliner khas kampung halaman sendiri.

Selain itu, sebagai salah satu upaya mengenalkan kuliner khas daerah Banjar sebagai kekayaan/khasanah masak-masakan nusantara Indonesia.

Pengasuh Pengajian Mulia Hati Banjarmasin yang juga Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalsel itu menunjuk contoh Soto Banjar Bang Suhai yang ada di Jalan Sabang, Jakarta Pusat, kini pengunjungnya buka cuma orang-orang Banjar di Ibu Kota Negara.

"Kita berharap Kedai Soto Banjar Bang Suhai di Jalan Sabang Jakarta sebagai ikon kuliner khas daerah Banjar untuk seantero DKI khususnya," demikian Julak Rossi.

Sementara itu, Bang Suhai, selaku pemilik Kedai Soto Banjar di Jalan Sabang Jakarta, menyatakan alhamdulillah selama lebih kurang sebulan buka cukup banyak peminat jualannya.

Sebagai contoh bukan saja orang-orang Banjar yang tinggal di Jakarta, tapi dari suku bangsa lain pun datang menikmati Soto Banjar, ujarnya.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022