Amuntai, (Kalsel.Antaranews) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan berharap kejuaraan olahraga ditingkatkan untuk melahirkan mental juara dikalangan atlet.


Ketua KONI Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Ahmad Barkati di Amuntai, Minggu, mengatakan makin banyak event kejuaraan digelar, menjadikan mental atlet kian terasah untuk berprestasi meraih juara pada setiap event yang diikuti.

"Kalau mental juara atlet sudah terbentuk maka lebih mudah meraih prestasi olahraga ditingkat provinsi bahkan nasional," ujar Barkati.

Barkati berharap berbagai cabang olahraga yang selama ini prestasinya agak menurun agar lebih sering menggelar kejuaraan sehingga bisa mengasah mental dan skill atlet menjadi lebih baik.

Menutup Kejuaraan Catur Bupati HSU Cup 2016 yang dilaksanakan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten HSU, Barkati berharap Percasi juga lebih sering menggelar event kejuaraan, karena cabang catur merupakan salah satu cabang olahraga unggulan di Kabupaten HSU.

Ketua KONI juga menyindir prilaku oknum pengurus organisasi olahraga yang mengedepankan ikatan kekerabatan dan pertemanan dalam mengirim atlet mengikuti event kejuaraan diluar daerah.

"Hendaknya atlet yang dikirim merupakan atlet unggulan bukan karena faktor kekeluargaan sehingga prestasi yang ditargetkan bisa tercapai," katanya.

Barkati melihat prestasi yang dicapai Percasi agak menurun dibanding beberapa tahun sebelumnya yang justru bisa meraih prestasi hingga ketingkat Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Menurunnya prestasi karena pembinaan atlet daerah menurun, diantaranya akibat kurangnya menggelar event kejuaraan didaerah," terangnya.

Barkati menegaskan, atlet daerah berpeluang prestasi hingga ketingkat nasional, bahkan mewakili Indonesia ke ajang internasional, seperti atlet pencak silat asal HSU Rijani yang juara tiga pada event Singapura Championship.

"Justru prestasi atlet nasional awal mulanya berasal dari pembinaan atlet daerah, sehingga pembinaan atlet daerah mutlak dilakukan untuk mencapai prestasi olahraga nasional," pungkasnya./c



Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016