Kementerian Kesehatan melaksanakan Gerakan Nasional (Gernas) Aksi Bergizi ke sekolah secara serentak di seluruh Indonesia, Rabu (26/10/22), termasuk di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan.

"Tujuan gerakan ini untuk meningkatkan kesadaran remaja usia sekolah dalam menerapkan gizi seimbang dan aktivitas fisik, serta membiasakan untuk mengonsumsi tablet tambah darah bagi remaja putri, "ujar Subkoordinator Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Perempuan Dinas Kesehatan HSU Dewi Wanita di Amuntai, Rabu.

Dewi mengatakan, kegiatan aksi dilaksanakan di SMPN 4 Amuntai berupa kegiatan senam bersama cuci tangan, makan bersama atau isi piringku, sosialisasi hidup sehat dan dilanjutkan dengan pemberian tablet penambah darah bagi remaja putri.
 
Siswa SMPN 4 Amuntai kembali dibiasakan melakukan cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun di sekolah melalui Gerakan Nasional Aksi Bergizi yang dilaksanakan Dinas Kesehatan HSU di Amuntai, Rabu (26/10/22). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Ia berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkala dan terus menerus oleh pihak sekolah untuk menjadi percontohan bagi sekolah lain.

"Tentunya kegiatan ini agar dapat dilaksanakan berkelanjutan oleh pihak sekolah setiap satu minggu sekali, dengan susunan kegiatan seperti yang dilaksanakan hari ini," katanya.

Ia berharap Gerakan Nasional Aksi Bergizi akan membentuk generasi muda yang sehat dan cerdas. Kesehatan yang prima akan mempermudah pelajar menyerap pelajaran di sekolah.

Pihaknya akan selalu memantau perkembangan aksi ini di SMP 4 Amuntai serta tak menutup kemungkinan kegiatan serupa akan digelorakan di sekolah lainnya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022