Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menggandeng mancing mania atau pehobi mancing untuk sosialisasi pengawasan penyelenggaraan Pemilu partisipatif.

Puluhan pemancing dari grup Bubuhan Paunjunan Urang Kalsel diundang dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Best Western Banjarmasin, Rabu.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Banjarmasin Rahmadiansyah mengungkapkan komunitas pehobi mancing sangat banyak di kota ini.

Menurut dia, dalam persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024, yang tahapannya saat ini sudah dimulai, seluruh masyarakat harus diberi tahu dengan jelas segala aturannya.

"Jadi perlu kita terangkan ke masyarakat pemilu ke depan itu seperti apa," ujarnya.

Setidaknya tahu kapan dilangsungkan pemilihan umum (pemilu) itu, seperti untuk Pemilu Legislatif pada 14 Februari 2024, Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 November 2024.

"Kita harap para mancing mania ini bisa ikut mengawasi sejak tahapan pemilu ini, sehingga tidak ada yang melakukan kecurangan," tutur Rahmadi.

Saat ini pun Bawaslu melakukan pengawasan pada tahapan verifikasi partai politik (parpol).

"Kita harap teman-teman hobi mancing ini aktif mencek namanya apakah masuk pengurus parpol, kalau memang pengurus parpol tidak apa, tapi kalau tidak artinya ada yang mencatut," ujarnya.

Rahmadi pun mengharapkan, para mancing mania yang tergabung di Bubuhan Panjunan Urang Kalsel dengan jumlahnya sekitar 13 ribu orang ini ikut menyosialisasikan aturan pemilu ke masyarakat, karena mereka juga aktif berinteraksi di masyarakat.

Salah seorang anggota Babuhan Panjunan Urang Kalsel, Arpui mengatakan komunitas mereka lebih dari 13 ribu orang dari berbagai daerah di Kalsel.

Mereka sangat mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan demokratis, tidak ada kecurangan dan semua berhak memilih sesuai hati nurani.

Anggota lainnya Syarafuddin menambahkan, pihaknya tidak menginginkan terjadinya politik identitas juga politik uang pada Pemilu 2024.

"Yang pasti kami ingin pemilu aman dan damai, kami pun mendukung sesuai slogan kami dalam mancing "Salam sisit kada bakanduran"," ujarnya.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022