Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalsel, meluncurkan (launching) Program Gerobak Berkah untuk membantu warga miskin yang memiliki keterampilan usaha kecil/dagang.

"Kita salurkan 10 gerobak berjualan, lima di antaranya bantuan Baznas Provinsi Kalsel," ujar Ketua Baznas HSU H Zainal Abidin di Amuntai, Jumat (21/10/22).

Zainal mengatakan, banyak warga yang mengajukan permohonan untuk mendapatkan  bantuan Program Gerobak Berkah, namun karena anggaran terbatas, diseleksi yang benar-benar membutuhkan dan memiliki keahlian berdagang.

Ia mengatakan, Baznas melakukan survei  ke rumah-rumah warga yang mengajukan permohonan dan data pembanding ke pihak  kepala desa untuk memastikan bantuan program Gerobak Berkah tepat sasaran.

"Insya Allah bantuan tersebut tidak akan keluar dari sasaran, karena rara-rata sudah berpengalaman mengelola bisnis kecil-kecilan," katanya.

Selain kegiatan launching Program Gerobak Berkah, pihak Baznas HSU juga menyerahkan bantuan program beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa.

Beasiswa kepada mahasiswa khususnya yang akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri yakni 14 orang dari Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) Amungai akan melanjutkan  ke Universitas Al - Azhar Kairo Mesir dan lima orang ke Universitas Al-Ahfaff  Yaman.
 
Asisten III Setda HSU Haridi mewakili Plh Bupati menyerahkan bantuan beasiswa pendidikan keluar negeri kepada mahasiswa Rakha di Aula Baznas HSU di Amuntai, Kamis (20/10/22) (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Pelaksana harian (Plh) Bupati HSU Zakly Aswan sebagaimana disampaikan Asisten III Haridi sangat menyambut baik penyaluran dua program Baznas HSU tersebut.

"Dua kegiatan ini sangat memdukung program yang dilakukan oleh pemerintah daerah, yaitu peningkatan SDM melalui pendidikan dengan tujuan peningkatan ekonomi masyarakat terutama usaha kecil mikro.dan menengah," katanya.

Acara launching Program Gerobak Berkah dan penyerahan beasiswa Baznas HSU dilaksanakan sekaligus Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H Kamis (20 /10/22)  di Aula Baznas Kab.HSU Lt.II yang dihadiri Wakil Ketua Baznas Prov.Kalsel dan perwakilan Camat Amuntai Tengah.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022