Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Pemkab Balangan akan membentuk tim terpadu untuk menertibkan serta memberantas tambang ilegal yang ada di wilayah Kabupaten Balangan.

Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin mengatakan telah disepakati bersama bahwa pihaknya dalam waktu dekat membentuk tim gabungan terpadu yang nantinya akan melibatkan instansi terkait.

"Kami telah sepakat akan membentuk tim terpadu, yang langsung diberikan surat keputusan oleh Bupati Balangan guna menutup penambangan batu bara ilegal di Balangan, agar menyelesaikan akar permasalahan supaya tidak terjadi konflik sosial," ucap Zaenal saat memimpin rakor penanggulangan konflik sosial di Aula Polres Balangan, Kamis.

Sementara Dandim 1001/HSU-BLG Dhuwi Hendradjaja melalui Pasi Intel Kapten Cba Virgo Eviryansyah, menyatakan bahwa pihaknya akan mendukung penuh upaya penertiban serta penegakan hukum oleh Polres dan Kejari Balangan terkait adanya tambang ilegal.

Dia melanjutkan, pihaknya juga sangat mendukung adanya tim terpadu dalam rangka penegakan hukum sebagai upaya pencegahan tambang ilegal di wilayah hukum Kabupaten Balangan.

"Kami berharap penanggulangan konflik sosial yang ada di Kabupaten Balangan bisa teratasi, yaitu tentunya tidak terlepas dengan dukungan penuh dari instansi terkait," imbuhnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022