BPBD Balangan menggelar kegiatan pelatihan di Banjarmasin guna meningkatkan kemampuan dan keahlian anggota tim reaksi cepat (TRC) dalam penanganan bencana..

Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan Sutikno mengatakan tidak ada jaminan bencana akan berkurang, oleh karena itu ia menegaskan harus terus belajar. 

"Kita harus bisa merespon dan bertindak cepat, tepat serta cermat terhadap kejadian bencana," kata Sutikno di Paringin, Selasa. 

Menurut dia, anggota TRC perlu mitigasi dan kesiapsiagaan yang matang, harus terampil, terlatih dan tangguh.

Pihaknya sangat menyambut positif kegiatan ini sebagai investasi atas kapasitas TRC BPBD Balangan, karena peningkatan kemampuan tidak hanya dalam hal teknis, tetapi juga manajerial, kecakapan mengoptimalkan SDM.

Demikian juga, ujarnya, peralatan dan perlengkapan yang ada, serta kecakapan dalam melakukan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi.

Sutikno berharap, agar anggota TRC mengajak masyarakat untuk terus memperkuat literasi tentang kebencanaan, karena ini akan jadi bagian sangat penting dalam mitigasi. 

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H Rahmi menambahkan melalui kegiatan ini diharapkan bisa mengasah fisik, mental dan keterampilan anggota, sehingga nantinya dalam menjalankan tugas ke depan lebih benar-benar maksimal. 

"Soal kebencanaan, jiwa kemanusiaan, dan mentalitas inilah yang kami tumbuhkan dan secara keterampilan bertahap kami latih, baik itu terkait penanganan bencana kebakaran, banjir, tanah longsor dan lain sebagainya," ujarnya.
 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022