Tanjung,  (Antaranews.Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, akan membangun reservoir atau penampungan air dengan kapasitas 1.000 meter kubik di Kecamatan Murung Pudak sebagai upaya meningkatan pelayanan air bersih untuk masyarakat.


Pelaksana Tugas Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Tabalong Hamidah Munawarah di Tanjung, Senin, mengatakan pembangunan reservoir dan sarana pendukung untuk distribusi air minum ini menggunakan dana penyertaan modal dari APBD Kabupaten 2016.

"Kita juga akan bangun pipa utama di kawasan Pembataan sekitar Hotel Jelita dan ruang jalan provinsi serta wilayah Guru Danau dengan harapan bisa mengoptimalkan distribusi air ke pelanggan," jelas Hamidah.

Untuk membangun reservoir dan perpipaan di kawasan Pendopo Bersina Kelurahan Pembataan, PDAM setempat menggandeng General Contractor and Supplier asal Kota Banjarmasin PT Chindra Santi Pratama.

Ini terkait penerapan teknologi "Horizontal Directional Drilling" (HDD) pada pemasangan pipa di wilayah pada lalu lintas maupun aktivitas warga sekitar Pendopo Bersinar.

Pelaksana lapangan untuk wilayah Kabupaten Tabalong dari PT Chindra Santi Pratama Eko Purwanto menjelaskan pemasangan pipa air bersih dengan teknologi HDD lebih cocok diterapkan di wilayah yang padat lalu lintas dan aktivitas.

"Dengan teknologi HDD untuk pemasangan pipa air bersih bisa meminimalkan kemacetan lalu lintas, tidak merusak lingkungan maupun konstruksi tanah serta waktu pengerjaan lebih singkat," jelas Eko.

Selain membangun reservoir kapasitas 1.000 meter kubik, kata Eko, juga dibangun jaringan pipa air bersih sepanjang 14.083 meter dengan nilai kontrak Rp14 miliar.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016