Sejumlah warga binaan dan petugas Rumah Tahanan Kelas IIB Tanjung, Kabupaten Tabalong menjalani tes urine untuk memastikan tidak ada penyalahgunaan narkoba.

Tes urine ini bagian dari kunjungan tim Satuan Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal Pas) Kanwil Kemenkumham Kalsel ke Rutan Kelas II B Tanjung, Kamis, (25/8).

Kadiv Pas Kumham Kalsel, Sri Yuwono mengingatkan para warga binaan maupun petugas rutan untuk menjauhi narkoba.

“Jangan bermain dengan narkoba dan menjadi jembatan untuk para Warga Binaan dalam penyaluran narkoba ke dalam Rutan," tegas Sri Yuwono.

Mengingat kasus sebelumnya menjadi bukti nyata, Divisi Pemasyarakatan tahun lalu mengirimkan dua oknum pegawai terlibat penyalahgunaan Narkoba dan tahun ini tiga orang yang akan dikirim ke Nusa Kambangan.

"Jika kurang duit, jangan mencari dengan cara yang haram lebih baik cara halal saja,” ujarnya.

Selain tes urine tim Satops Patnal Pas juga menggelar razia dan melaksanakan instrumen deteksi dini di lingkungan Rutan sebagai bentuk kesigapan petugas menanggulangi gangguan keamanan dan ketertiban.

Kegiatan diikuti Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sri Yuwono didampingi Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi, Sugito, Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan, M Susanni.

Tim dibagi dua kelompok dan penggeledahan dilakukan di blok tahanan dan narapidana.

 Para  penghuni blok dengan tertib ke luar dari kamar selama petugas melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan mengamankan benda-benda yang dianggap membahayakan keamanan dan ketertiban.

 Hasil penggeledahan tidak ditemukan barang terlarang seperti alat komunikasi atau obat-obatan terlarang.

 Petugas tetap menyita barang-barang yang berpotensi disalahgunakan sehingga menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban seperti rakitan alat tato, sabuk ikat pinggang, karto domino dan cutter.

Kegiatan dilanjutkan dengan tes urine kepada petugas dan warga binaan guna memastikan bahwa tidak terdapat penyalahgunaan narkoba.

Kepala Rutan Tanjung Rommy Waskita Pambudi mrngatakan kegiatan ini sebagai bagian dari deteksi dini serta antisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022