Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry secara resmi melepas 16 peserta yang tergabung dalam kontingen HSS, untuk mengikuti Jambore Nasional(Jamnas) Gerakan Pramuka XI tahun 2022.

Pelepasan berlangsung di halaman kantor bupati setempat, ditandai dengan penyerahan bendera kabupaten kepada pimpinan kontingen, Rabu (10/8).

"Jamnas XI 2022 dilaksanakan pada tanggal 14 sampai dengan 21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta), Cibubur," kata Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka HSS yang juga Wakil Bupati, Syamsuri Arsyad.

Baca juga: Pengurus Pusdiklatcab Pramuka HSS dilantik

Dijelaskan dia, peserta kegiatan adalah pramuka penggalang sebanyak delapan putra dan delapan putri yang berasal dari 16 sekolah, yang berbeda ditambah dengan dua orang pembina pendamping yang berasal dari andalan terkait.

Bupati H. Achmad Fikry mengatakan agar peserta yang akan mengikuti Jamnas ini benar-benar menunjukkan sikap bahwa ia layak terpilih sebagai peserta Jamnas.

Ia juga meminta agar peserta mengikuti seluruh kegiatan Jamnas dengan disiplin, jangan sampai larut dengan kegiatan lain atau pertemuan dengan kontingen lain, sehingga mengabaikan tugas pokok saat kegiatan jambore.

"Dalam kurun waktu beberapa tahun ini, dana kegiatan Jamnas ini bisa kita fasilitasi dari pemerintah daerah," katanya.

Menurut dia, waktu dulu peserta harus menyiapkan dananya secara mandiri, ada yang sampai menjajakan nasi bungkus untuk bisa beli tiket naik kapal laut.

Baca juga: Wabup HSS tutup Jambore Cabang XI Kwarcab Pramuka

Untuk itu, ia ingin semangat perjuangan mereka yang menggebu-gebu yang dulu untuk bisa ikut Jamnas haruslah pula ditiru oleh peserta jambore saat ini, bahkan harus lebih lagi semangatnya.

Selain itu, agar peserta menjaga kesehatan yang baik selama jambore dan jalin komunikasi dengan kontingen-kontingen lain se Indonesia, sambil menggali jikalau ada sesuatu yang baik yang bisa diadopsi untuk kemajuan pramuka di HSS.

Turut hadir, Sekda HSS, H. M. Noor, Asisten, staf ahli, para kepala OPD terkait, Kepala Kementrian Agama HSS, HM Yamani, pimpinan BUMD dan BUMN, serta para Andalan Cabang Kwarcab Pramuka HSS.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022