Wakil Bupati Barito Kuala (Wabup Batola) H Rahmadian Noor melepas kontingen Pramuka Penggalang menuju Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022, di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur, Senin (8/8/2022). 

Pelepasan dilakukan Ketua Kwarcab Barito Kuala itu terhadap 18 orang, terdiri atas delapan putera, delapan puteri, dan dua pendamping. 

Kontingen akan melaksanakan kegiatan sejak tanggal 14 hingga 21 Agustus 2022 mendatang. 

Wabup Rahmadian Noor menyampaikan selamat kepada para peserta mewakili Kontingen Kabupaten Barito Kuala dalam ajang Jamnas XI 2022. 

“Berjuanglah sekuat tenaga untuk meraih prestasi maksimal serta berkonsentrasi dalam setiap kegiatan dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” pesan wabup. 

Wabup juga meminta kepada kontingen untuk menjaga nama baik Barito Kuala, menjalin persaudaraan, mencari pengalaman, kreativitas dan inovasi dalam berkegiatan dengan tetap menjaga kekompakan.

“Kalian merupakan representasi dari masyarakat Barito Kuala, buktikan bahwa kalian tidak kalah dengan daerah-daerah lain,” pesannya.

Ketua Kwarcab Pramuka Barito Kuala  juga mengingatkan kontingen untuk tetap menjaga kesehatan, termasuk mewaspadai terjadinya penularan COVID-19 mengingat situasi pandemi masih terjadi saat ini. 

Hal yang tak kalah penting, pesan wabup, kontingen hendaknya bisa memperkenalkan bahwa Barito Kuala juga memiliki banyak potensi pariwisata yang menarik dikunjungi, seperti petik nanas, petik jeruk, sungai terpanjang, hingga jembatan terpanjang seperti Jembatan Barito dan Rumpiang. 

“Kita juga sedang merencanakan pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Pantang Baru dan Dadahup atau yang disebut Jembatan Panda,” tutur pria yang akrab disapa Rahmadi itu. 

Jamnas, terang dia,  merupakan pertemuan besar para pramuka penggalang yang dilaksanakan setiap lima tahunan. 

Wabup mengharapkan, dengan mengikuti Jamnas peserta dapat meningkatakan pemahaman, penghayatan, wawasan, serta menciptakan pramuka penggalang yang kelak menjadi manusia berkarakter, mampu hidup bersama dalam berkeanekaragaman, menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, patriot, mandiri, dan bersatu.

Jamnas memiliki motto Menciptakan Pramuka yang Ceria, Bededikasi dan Berprestasi ini akan diikuti lebih dari 11.570 peserta dari berbagai daerah. 

Acara pelepasan Kontingen Batola berlangsung di Aula Mufakat Setdakab Batola tersebut juga disaksikan Kepala Dinas Pendidikan Batola Sumarji selaku Wakil Ketua I Kwarcab Batola, Kepala Kemenag Batola Anwar Hadimi selaku Wakil Ketua II Kwarcab Batola dan Kepala Disporbudpar Batola Sabirin. 
 
Wabup Batola H Rahmadian Noor melepas kontingen Pramuka Penggalang menuju Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022, di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur, Senin (8/8/2022).Foto:Antaranews Kalsel/HO-Prokopimda Batola.

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022