Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Tabalong akan menghidupkan olahraga tradisional khas Banjar melalui pesta rakyat pada perayaan 17 Agustus 2022.

Ketua KORMI Kabupaten Tabalong Jubair menyampaikan olahraga tradisional  yang kini telah bergabung dan bernaung di bawah KORMI setempat yakni panahan tradisional dan panahan berkuda, terompah panjang, lari balok, egrang, balap karung, tarik tambang, balogo, bagasing dan lainnya.

 “Ada sekitar 32 jenis olahraga tradisional khas Banjar Kalimantan Selatan yang perlu kita hidupkan dan kembangkan lagi,” ujarnya, Minggu (7/8).

Sebelumnya KORMI Kabupaten Tabalong melaksanakan rapat kerja dan sosialisasi dengan harapan seluruh desa dan kelurahan di 'Bumi Saraba Kawa' menggelar kegiatan olahraga tradisional. Jubair menyampaikan menyampaikan olahraga rekreasi merupakan gabungan olahraga, budaya dan pariwisata.

Bupati Tabalong Anang Syakhfian berpesan kepada para peserta rapat kerja untuk lebih menguatkan sinergitas organisasi dengan seluruh lapisan masyarakat demi melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga rekreasi.

"Terus gaungkan setiap kegiatan olahraga rekreasi yang dilaksanakan, agar dapat meningkatkan partisipasi masyarakat," jelas Anang.

Anang berharap  masyarakat lebih mengenal dan memahami tentang olahraga rekreasi masyarakat Indonesia.

 Sementara itu untuk memeriahkan pesta rakyat dalam rangka  Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77  Pemerintah Kabupaten Tabalong telah menyiapkan beberapa tempat pesta seperti halaman DPRD, Dinas PUPR dan Taman Hutan Kota.

Anang juga meminta pimpinan perusahaan swasta, perbankan  dan BUMN turut menyukseskan pesta rakyat pada hari proklamasi kemerdekaan Indonesia yang ke -77.

Saat ini sudah ada sejumlah induk  organisasi Olahraga (Inorga) yang terdaftar di Kabupaten Tabalong bergabung  diantaranya adalah senam zumba, lansia dan senam aerobik.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022