Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin mengatakan, program Rukun Tetangga (RT) Mandiri bisa membantu pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang dijalankan masyarakat.
 
"Rukun tetangga mandiri merupakan salah satu program kami membantu masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan. Salah satunya melalui pengembangan UMKM," ujarnya di Banjarbaru, Ahad.
 
Sebelumnya, wali kota menyerahkan simbolis dana bantuan sosial RT Mandiri bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Landasan Ulin, Jumat yang diserahkan kepada kelompok masyarakat di kelurahan setempat.
 
Ia mengatakan, melalui program RT Mandiri, masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan potensi lokal dengan memperhatikan kelestarian alam dan lingkungan hidup menuju Banjarbaru Maju, Agamis dan Sejahtera (Juara).
 
"Bantuan sosial RT Mandiri juga merupakan bentuk kepedulian Pemkot Banjarbaru bagi masyarakat, khususnya dalam mengembangkan potensi UMKM sehingga potensi itu mampu tumbuh mandiri," ucapnya.
 
Diketahui, program RT Mandiri diarahkan pada 5 kecamatan dan 20 kelurahan se-Banjarbaru dan secara bertahap direalisasikan di seluruh wilayah diawali dengan percontohan pada beberapa kelurahan.
 
Besaran bantuan sosial yang akan diberikan kepada kelurahan melalui kelompok masyarakat sebesar Rp75 juta digunakan untuk meningkatkan sarana dan prasarana di lingkungan RT termasuk membantu UMKM.
 
"Programnya dimulai dari 60 RT yang tersebar di sejumlah kelurahan dan menjadi percontohan bagi kelurahan lain. Diharapkan melalui program RT Mandiri ini, kesejahteraan maupun masyarakat meningkat," harapnya.
 
Camat Landasan Ulin Bambang Supriyanto mengatakan, bantuan sosial program RT Mandiri di wilayah di Landasan Ulin diserahkan kepada 12 kelompok masyarakat berasal dari empat kelurahan.
 
"Kami bersyukur bantuan sosial bagi 12 pokmas sebesar Rp600 juta sudah dicairkan sehingga dapat digunakan masyarakat sesuai dengan program dan kegiatan yang mereka siapkan," katanya.
 
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022