Dua mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat terpilih sebagai Nanang dan Galuh Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) 2022 dan salah seorang merupakan warga Birayang Surapati, Kecamatan Batang Alai Selatan, yang merupakan kampung halaman Bupati H Aulia Oktafiandi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten HST melalui Bidang GTK dan Kebudayaan dan puncak grand final delapan pasang finalis digelar di halaman kantor Bupati HST, Sabtu.

Berikut profil Nanang dan Galuh yang terpilih melalui penjurian dan penampilan kreativitas di atas panggung yang berhak mewakili HST di tingkat provinsi Kalsel.

Muhammad Akmal Firdaus dinobatkan menjadi Nanang Kabupaten HST. Pemuda kelahiran Barabai 7 Januari 2003 ini merupakan warga Jalan H Sibli Imansyah yang mengenyam pendidikan S1 di Fakultas Hulum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

Ia juga aktif di berbagai organisasi, di antaranya menjadi Wakil Ketua Umum Genre Indonesia Kalimantan Selatan, anggota BEM Fakultas Hukum ULM, dan aktif sebagai anggota Lembaga Pengkajian Penalaran dan Diskusi Hukum serta pengurus Purna Paskibra Indonesia (PPI) Kabupaten HST.

Prestasi yang pernah diraihnya adalah Wakil II Duta Genre Kalimantan Selatan tahun 2020, Duta Genre Intelegensia Kalimantan Selatan 2020 dan anggota Paskibraka Kabupaten HST tahun 2019.

Penganugerahan Nanang dan Galuh juga langsung diberikan oleh Bupati HST bersama ketua PKK.

 Sedangkan Galuh Kabupaten HST tahun 2022 dinobatkan kepada Resty Nurhaliza.

Resty merupakan mahasiswa ULM Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ia merupakan warga Birayang Surapati, Kecamatan BAS, kelahiran 9 Oktober 2003.

Semasa putih abu-abu, Resty juga aktif berorganisasi, di antaranya pernah menjadi Sekretaris OSIS SMAN 3 Barabai 2019, Wakil Ketua Gita Smaga Cipta Pesona 2020-2022 dan anggota Ekskul Sinematografi SMAN 3 Barabai 2020-2022.

Ia juga pernah menjadi Paskibraka Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS) pada 2019 dan menjadi peserta lomba debat bahasa Indonesia ( LDBI) tingkat provinsi Kalsel 2022.

Selain itu, ia menjadi Field Commander Gita Smaga Cipta Pesona 2020 - 2022 dan Narator The News SMAN 3 Barabai pada profil sekolah tahun 2021.

Pernah juga menjuarai lomba fotografi SMAN 3 Barabai 2022 dan menjadi artis pemeran pembantu film pendek "Tumbuh" produksi Skadubai Projects 2022 yang masuk seleksi festival film pendek FSM Maret 2022.

Terakhir, ia juga pernah menjadi peserta lomba fotografi tingkat provinsi lensa Banua (SMA Banua Kalsel) beberapa waktu yang lalu.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022