PII Tanah Laut adakah latihan kepemimpinan pelajar se-Kalsel

Pelajar Islam Indonesia (PII), Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan melaksanakan "Leadership Basic Training atau LBT dan "Leadership Intermediate Training" atau LIT, serta Kursus Pemandu dan Mualim seprovinsi tersebut.

Kursus Pemandu dan Mualim sebagai upaya menyiapkan untuk mengisi ta'lim dan mengisi pra Batra calon-calon kader PII supaya mereka bisa ceramah, khutbah, dan kegiatan syiar Islam lainnya.

Ketua Umum Pengurus Wilayah (PW) PII Kalimantan Selatan (Kalsel) Rizki Fadillah melalui WA-nya, Ahad menerangkan, "LBT" ( latihan dasar kepemimpinan) dan LIT (latihan kepemimpinan lanjutan) tersebut pembukasnya di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tala.

Dalam sambutannya dia antara lain mengatakan, "traning" (pelatihan) PII merupakan tempat pembentukan calon pemimpin masa depan

Ia menganalogikan, pelatihan PII yang berlangsung di "kota dalas hangit" Pelaihari (65 kilometer tenggara Banjarmasin), ibukota Tala itu seperti pandai besi dalam membuat pedang.

"Pelantihan PII bagaikan proses pembuatan pedang, dari yang awalnya besi utuh dengan proses panjang maka terbentuklah pedang yang tajam," ujar Rizki Fadillah.
Pembukaan Pelatihan Dasar dan Lanjutan Kepemimpinan Pelajar Islam Indonesia (PII), serta Kursus Pemandu dan Mualim seprovinsi Kalimantan Selatan di Pelaihari (65 kilometer tenggara Banjarmasin), ibukota Kabupaten Tanah Laut (Tala),!Ahad 26 Juni 2022. (Istimewa)

Sementara Kepala Bidang (Kabid)  Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Tala Hj.Wahidah dalam sambutanya menyampaikan apresiasi kepada PII karena melaksanakan latihan kepemimpinan pada saat para pelajar tengah libur semester dan berharap dapat mencetak calon-calon pemimpin masa depan.

"Pelatihan kali ini diharapkan bukan hanya mencetak calon-calon pemimpin, tapi juga dapat menjadi 'agen of change' (agen dari perubahan/pembaruan),"  tambahnya.

Keluarga Besar PII Tala Abdul Karim mengatakan, sejarah PII banyak tidak tertulis, padahal banyak perannya untuk bangsa Indonesia. 

Pada penghujung kegiatan itu sosialisasi kebangsaan (Wasbang) oleh Anggota Komisi IV DPRD Kalsel Zulfa Asma Vikra SH MH dari Partai Demokrat.

Wasbang itu sendiri mengenai Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pelatihan kepemimpinan dan pemandu di "Bumi Tuntung Pandang" Tala tersebut, 25 Juni - 5 Juli 2022 atau selama 11 hari.
Pembukaan Pelatihan Dasar dan Lanjutan Kepemimpinan Pelajar Islam Indonesia (PII), serta Kursus Pemandu dan Mualim seprovinsi Kalimantan Selatan di Pelaihari (65 kilometer tenggara Banjarmasin), ibukota Kabupaten Tanah Laut (Tala),!Ahad 26 Juni 2022. (Istimewa)

Pada pembukaan tersebut hadir Kabid Kepemudaan Dispora Tala, dan H.Abdul Karim Keluarga Besar PII kabupaten itu.

Sedangkan peserta lebih 60 orang pelajar dan mahasiswa berasal dari berbagai daerah kabupaten/kota di Kalsel dan juga ada dari Kalimantan Tengah (Kalteng).



 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022