Sebanyak 71 peserta ikuti pelatihan Keprotokolan dan MC (Master of Ceremony) digelar Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Barito Kuala (DWP Batola), di Aula Mufakat Setdakab Batola, Rabu (8/6/2022).

Ketua Panitia Pelaksana Rahmatillah mengatakan, tujuan digelarnya pelatihan selain untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi anggota dan unsur pelaksana dalam berbagai penyelenggaraan kegiatan DWP.

"Selain itu untuk memberikan bekal bagi peserta sehubungan akan dilaksanakannya lomba MC dalam rangka HUT DWP tahun 2022," ujar Rahmatillah, selepas pembukaan pelatihan Keprotokolan dan MC (Master of Ceremony).

Terpisah, Ketua DWP Kabupaten Batola, Hj Herwina Rezeki Zulkipli Yadi Noor, saat membuka diklat menyatakan, sangat menyambut baik digelarnya pelatihan tersebut. 

Dia menilai kegiatan tersebut sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya para anggota DWP untuk menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam mengorganisasikan berbagai kegiatan di unsur pelaksana DWP,  baik bersifat serimonial maupun non serimonial. 

“Pelatihan ini dilaksanakan untuk memberikan bekal bagi para peserta, terutama untuk mempersiapkan lomba MC pada rangkaian peringatan HUT DWP tahun 2022,” ucap Herwina.

Isteri Sekdakab Batola H Zulkipli Yadi Noor berpesan,  kepada seluruh peserta agar mempelajari ilmu keprotokolan dan MC secara sungguh-sungguh. 

Mengingat, sebut dia,  profesi keprotokolan merupakan keterampilan yang harus benar-benar membutuhkan latihan.

Protokol, sebut Herwina, berfungsi sebagai pengatur dan mengendalikan seluruh kegiatan seperti kegiatan pimpinan dan lainnya. Sedangkan MC memiliki keterampilan membawakan acara secara profesional dalam menjalankan tugas khususnya berkaitan dengan suatu acara. 

“Baik buruknya penyelenggaraan suatu acara tergantung dengan MC. Makanya kami berharap melalui pelatihan ini semua peserta dapat menggali pengetahuan secara maksimal agar bermanfaat untuk kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan,” harap Herwina.

Kegiatan tersebut melibatkan narasumber Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah (Kabag Prokopimda) Setda Batola Hery Sasmita dan MC senior Bagian Prokopimda Setda Batola Nor Afni.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022