Sejumlah santri Pondok Pesantren Modern Darul Istiqomah Barabai dibekali wawasan kebangsaan (wasbang) dan bela negara oleh Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah (HST).

Pembekalan itu diberikan oleh Kapten Inf Rudi Hartono mewakili Dandim 1002/HST kepada santri kelas XII Madrasyah Aliyah dan Kelas IX Madrasyah Tsanawiyah Ponpes Modern Darul Istiqomah sebanyak 80 orang, Senin (23/5).

Menurutnya, bela negara bukan hanya tanggung jawab atau kewajiban pihak tertentu saja, namun menjadi tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia.

"Dalam Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945, disebutkan jika setiap warga negara berhak serta wajib ikut dalam upaya pembelaan negara," jelasnya.

Danramil Barabai itu juga membeberkan bahwa bela negara merupakan sikap dan tindakan warga negara yang teratur serta menyeluruh, dilandaskan pada sikap cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara serta rela berkorban untuk menghilangkan segala bentuk ancaman dari tanah air.

Diterangkan nya, upaya bela negara bisa dilakukan setiap masyarakat Indonesia, yang mana disesuaikan dengan profesi individu. Salah satu contohnya pelajar.

"Adapun upaya yang dapat dilakukan pelajar dalam rangka mendukung upaya bela negara seperti mengikuti dan mempelajari pendidikan kewarganegaraan, mentaati semua tata tertib sekolah, rajin dan selalu khidmat saat mengikuti upacara," ujarnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022