Komite Olahraga Nasional Indonesia Kalimantan Selatan menyiapkan bonus peraih medali emas PON 2012 Riau sebesar Rp300 juta, kata KONI Kalsel H A Sulaiman HB kepada wartawan, Minggu (31/7).

Untuk peraih medali emas KONI Kalsel menyiapkan Rp300 juta, medali perak Rp100 juta dan untuk peraih medali perunggu Rp50 juta.

"Nominal bonus tersebut bisa saja bertambah karena jika para pengusaha di Kalsel turut membantu, nominal bonus akan di tingkatkan," katanya
    
Pemberian bonus tersebut disesuaikan dengan target Kalsel yang menginginkan mendapat posisi sepuluh besar pada kelasmen perolehan medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012.

Melihat dari hasil prakulaifikasi PON XVIII, hingga saat ini Kalsel telah mengirimkan  21 cabang olah raga untuk mengikuti prakulaifikasi PON XVIII dan 11 cabang olahraga diantaranya lolos menuju PON.

Dari perolehan medali di ajang prakulaifikasi PON XVIII, Kalsel berhasil memperoleh belasan medali emas dan beberapa medali perak dan perunggu baik di monor beregu serta perorangan.

Perolehan medali tersebut menandakan bahwa Kalsel sanggup menghadapi semua lawan dan maju menjadi pemenang karena saat ini laskar Bumi Antasari memiliki jargon "Kalahkan Semua Lawan yang disingkat amenjadi Kalsel".

Berdasarkan data KONI Kalsel, hingga saat ini Kalsel telah mengikut sertakan 21 cabang olahraga ke ajang prakulaifikasi PON XVIII dan 11 diantaranya lolos sementara 22 cabang olahraga belum melaksanakan prakulaifikasi PON XVIII.

Jumlah cabang olahraga unggulan Kalsel saat ini ditetapkan sebanyak 15 cabang meliputi gulat, menembak, tinju, angkat berat dan binaraga.

Kemudian loncat indah, renang, biliar, bermotor, taekwondo, base ball, catur, dayung, wushu dan pencak silat.

Selain itu, Kalsel juga memiliki 21 cabor yang dianggap potensial seperti sepak bola, bola basket, bola voli, kempo, selam, bridge dan bulu tangkis, panjat tebing dan golf./her*C

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011