Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry bersilaturahmi dengan warga Desa Panjampang Bahagia,  Kecamatan Simpur, sekaligus melihat langsung kondisi Langgar Darrusyifa.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS akan memfasilitasi untuk memperbaiki Langgar Darussyifa, yang berlokasi di jalan Bintangur, desa tersebut.

"Konsepnya adalah pindah lokasi, jadi di sini pemerintah berperan untuk membantu dan memfasilitasi," katanya, saat memberikan keterangan, Selasa (10/5).

Dijelaskan dia, sebelum mulai membangun harus dipastikan status tanahnya dulu, supaya tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan. ia juga mengajak masyarakat untuk semangat bersama-sama membangun kembali langgar Darrusyifa ini.

Baca juga: Gema takbir HSS dengan pembagian zona berjalan lancar dan tertib

Pemerintah akan membantu membuat opsi sketsa gambar langgar dan rencana anggaran biayanya, yang nantinya akan diserahkan lagi kepada panitia langgar untuk dirembukkan bersama.

"Setelah mereka menentukan pilihan, tentu melihat anggarannya berapa, kita berpikir lagi sumber dananya, salah satu sumber dananya mungkin akan ada saprah amal setelah hari raya Idul Adha," katanya.

Menurut dia, selaku pemerintah akan mencarikan jalan lagi untuk mencarikan dananya, yang bisa dibagikan dan membantu pembangunan Langgar Darrusyifa.

Panitia Langgar, Kabri,mengucapkan terima kasih kepada Bupati HSS beserta jajarannya berkenan datang ke lokasi Langgar di desanya, untuk berembuk mencari solusi pembangunan langgar, pihaknya merasa sangat tersanjung Bupati HSS mau hadir.

Baca juga: Bupati HSS gembira bisa kembali sholat ied bersama warga

Ia juga menyampaikan tentang kronologis kisah langgar Darrusyifa ini, yaitu hak tanah pinjam pakai dari keluarga Tajuddin Noor dan merencanakan di bangun di lokasi lain.

"Masyarakat kami menghendaki untuk memindah tempat Langgar ini yang tanahnya berukuran 17 x 17, yang sudah dihibahkan oleh orang yang siap di buatkan sertifikat. jadi kepada pemerintah daerah kami meminta pendapat dan solusinya," katanya.

Turut hadir, Pimpinan Bank Kalsel, Ketua Dewan Mesjid HSS, Ketua BASNAZ HSS, Kepala Dinas PUTR, Kabag Kesra Setda Kab HSS, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Kabag Prokopim HSS, Camat Simpur serta tokoh masyarakat setempat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022