Tanjung,  (AntaranewsKalsel) - Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, menerima penghargaan piala Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Presiden RI Joko Widodo, karena dinilai berhasil mendukung dan menerapkan pelayanan transportasi bagi masyarakat, khususnya sarana angkutan gratis bagi warganya.


Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabalong Nanang Mulkani di Tanjung, Senin
mengatakan, penghargaan WTN bagi `Bumi Saraba Kawa` ini untuk kelima kalinya namun bukan sebatas bidang lalu lintas saja, tetapi termasuk penghargaan untuk sarana angkutannya.

"Empat penghargaan WTN sebelumnya hanya berupa plakat sedangkan tahun ini berupa tropi dan untuk provinsi Kalimantan Selatan hanya Kabupaten Tabalong yang menerima piala WTN langsung dari Presiden Joko Widodo," jelas Nanang.

Nanang mengakui kebijakan pemerintah kabupaten setempat yang memberikan layanan transportasi gratis yang

nyaman bagi masyarakat termasuk guru dan pelajar menjadi alasan Pemerintah Pusat memberikan penghargaan berupa piala WTN penuh.

Terpisah Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi yang berhasil diraih

Kabupaten Tabalong di bidang lalu lintas berupa piala WTN penuh.

"Pemerintah Kabupaten Tabalong akan terus berkomitmen mempertahankan prestasi ini yang pertama kalinya

mendapatkan piala WTN penuh dan ini juga tak lepas dari peran serta masyarakat dalam menciptakan kenyamanan berlalu lintas," jelas Anang.

Untuk kebijakan angkutan gratis di Kota Tanjung dan sekitarnya ungkap Anang, mulai dilaksanakan Desember 2014 hinga saat ini dengan dukungan sarana dari pihak ketiga yakni PT Adaro Indonesia dan mitra kerjanya.

Dalam lampiran IV Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 402 tahun 2015, ada lima kabupaten di Indonesia untuk kategori kota kecil yang menerima piala WTN selain Tabalong yakni Jepara (Jawa Tengah) Bantaeng (Sulawesi Selatan), Martapura (Sumatera Selatan) dan Tabalong (Bali).

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015