“Hore papah akan segera belikan saya sebuah laptop yang bisa digunakan untuk bermain game, sekaligus bisa mendukung saya belajar,” kata Zahra seorang anak paling bontot dari empat saudara.

Ungkapan kegembiraan tersebut, tidak terlepas dari semakin banyaknya hadir laptop atau “mesin tik” canggih dengan harga yang ditawarkan terjangkau nyaris murah meriah.

Di era teknologi kekinian banyak hadir berbagai model, tipe dan merek laptop dengan beragam harga dan kualitas yang ditawarkan, tidak terkecuali apa yang diluncurkan oleh ASUS Indonesia.

Menjelang akhir tahun 2015, ASUS Indonesia memperluas lini produk notebook berbasis AMD, dengan menghadirkan varian terbaru notebook mereka yang menggunakan prosesor AMD berbasis Kaveri terkuat yang sudah tersedia saat ini yakni FX-7600P.

Setelah sebelumnya hadir dalam platform notebook multimedia, kini notebook bertenaga hadir pula untuk segmen mainstream dengan harga terjangkau.

Meski terjangkau, ASUS X550ZE yang berwarna Gray / Aluminum, notebook mainstream dengan AMD FX-7600P hadir dengan kinerja tinggi, memiliki 12 core processor (4 CPU + 8 GPU) dan memiliki fitur dual grafis.

Kombinasi Dual Graphic antara APU AMD R5 M230 dan GPU berbasiskan AMD R7 M270DX akan membuat performa multimedia dan gaming di notebook mainstream menjadi lebih baik.

Harga terjangkau menjadi salah satu kata kunci yang ingin ditawarkan ASUS Indonesia disamping keunggulan-keunggulan lain yang cocok dengan keinginan penggunaan teknologi modern.

Hadirnya seri prosesor AMD terkuat, yakni FX-7600P di lini produk ASUS X Series akan memperkaya pilihan untuk produk notebook terjangkau, kata Country Product Group Leader, ASUS Indonesia Juliana Cen.

 â€œPengguna dengan anggaran terbatas kini memiliki pilihan baru jika mereka membutuhkan notebook kelas menengah dengan kinerja multimedia dan grafis mumpuni,” ucapnya


ASUS X550ZE diperkuat prosesor quad-coreAMD APU FX-7600P (Kaveri) dengan clock 2,7GHz yang bisa ditingkatkan hingga 3,6GHz saat turbo boost dalam keadaan aktif.

Inilah prosesor kelas tertinggi dari jajaran AMD APU Mobile yang saat ini tersedia di Indonesia.

CPU juga berpasangan dengan chip dual grafis (GPU) Radeon R7 M270DX berinti 8 yang lebih kencang dibandingkan seri Radeon Mobile sebelumnya yang mampu mengimbangi performa CPU yang memukau.
Ia juga punya teknologi eksklusif DirectX 12 dan Mantle Explicit Multiadapter (APU + dBGPU) untuk framerate terbaik saat bermain game.

Dengan total 12 core (4 CPU + 8 GPU) menjadikan AMD APU FX-7600P sebuah prosesor kuat yang siap untuk komputasi kompleks termasuk desain grafis dan gaming 3D.

Dalam pengujian, salah satu game yang sedang hits saat ini, yakni Grand Theft Auto V, terbukti mampu dijalankan dengan lancar pada ASUS X550ZE.

Yang menarik, ASUS memberikan bonus berupa bundle game gratis bersama X550ZE.

Pengguna berhak mendapatkan satu kopi game original dari 8 pilihan judul game yang disediakan.

Adapun game-game yang bisa dipilih antara lain adalah: DiRT Rally, LEGO Batman 3: Beyond

Kebanyakan laptop berperforma tinggi untuk bermain game (gaming) atau desain grafis, dibanderol dengan harga yang tinggi.

Notebook seperti itu, lazimnya tenaga dengan prosesor yang kencang dan gegas serta ditemani dengan kartu grafis yang tak kalah gahar sebagai penyokongnya.

Tetapi apakah ada notebook yang seperti  itu namun ditawarkan dengan harga terjangkau?

ASUS X550ZE adalah jawabannya.

ASUS X550ZE tidak hanya terletak pada aspek mesin internalnya saja melainkan juga desain dan tampilan bodi yang diusung terbilang cantik dan sangat elegan.

X550ZE menggunakan bodi berbahan plastik yang dirancang cukup apik sehingga seolah-olah mampu menampilkan kesan material berbahan logam.

Disamping itu, notebook ini juga dirancang dengan sangat bergaya dengan desain cover ber-finishing spin-line.

Desain cover tersebut jika diperhatikan secara detail memiliki tekstur bulat (melingkar). Dimulai dari bulatan kecil di bagian tengah cover, kemudian terus menerus membesar hingga ke pinggiran bodi laptop hingga menyelimuti semua bagiannnya sehingga mengesankan unsur premium secara tampilan.

Desain ini membuat ASUS X550ZE tampak fokus untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan laptop berperforma memukau, dengan tampilan yang elegan untuk mencukupi kebutuhan komputasi di segala lini.

Baik di lingkup pekerjaan kantor maupun dirumah, mulai web browsing hingga mengakses konten multimedia.

ASUS X550ZE dilengkapi beragam teknologi unggulan di dalamnya. Antara lain fitur bernama Instant On yang memungkinkan pengguna mengaktifkan laptop hanya dalam waktu 2 detik dari kondisi standby.

Fitur tersebut diprakarsai melalui kolaborasi AMD dan ASUS yang hadir notebook seri X ini.

Selain itu, fitur Instant On memungkinkan notebook untuk secara otomatis menyimpan data-data ketika laptop telah berada dalam masa kritis atau low battery.

Nantinya, file akan secara langsung tersimpan manakala indikator baterai telah menunjukan angka dibawah 5 persen.

Ragam fitur unggulan lain yang dimiliki ASUS X550ZE adalah sound speaker  yang dilengkapi dengan teknologi SonicMaster.

Berbekal kemampuan itu, suara yang dikeluarkan oleh speaker X550ZE sangat jernih, kuat, padat dan tidak pecah. Sistem audio wizard yang terdiri dari enam mode setelan, yakni music mode, recording mode, movie mode, gaming mode, speech mode dan mode off, juga turut andil membuat laptop ini mampu mengeluarkan dentuman suara yang memikat telinga.

Kualitas suara yang mumpuni pada teknologi ASUS SonicMaster tidak hanya berguna hanya untuk sekadar memutar lagu atau film saja, namun saat bermain game, tentunya user experience yang dirasakan pengguna akan lebih mengasyikan dan menambah keseruan.

ASUS juga turut menyematkan teknologi IceCool pada pada varian notebook ini. Seperti diketahui, teknologi sistem pendingin mesin prosesor tersebut sangat berguna untuk membuat pengguna betah berlama-lama saat menggunakan laptop.

IceCool membuat area palm rest (tempat menempatkan telapak tangan dibawah papan keyboard) tetap memiliki suhu yang normal  meski laptop digunakan dalam waktu yang lama.

Beranjak pada area touchpad, fitur smart gesture ditanamkan pada wilayah ini, sehingga pengguna akan lebih mudah mengoperasikan atau memberikan perintah kepada notebook  saat sedang dijalankan. Contohnya jika ingin melakukan scroll ke bawah, pengguna dapat memakai dua jari lalu menyeretnya ke arah bawah. Hal yang sama berlaku saat hendak ingin melihat bagian atas.

Spesifikasi mesin seperti apa yang dimiliki oleh notebook ini?, notebook ASUS X550ZE memiliki dukungan prosesor kelas tertinggi dari AMD yakni FX 7600P. Kendati demikian, ASUS juga menawarkan model dengan varian prosesor AMD lain yakni A10.

Prosesor AMD A10 dibangun berbasiskan arsitektur Kaveri dengan kecepatan clock prosesor 2,5GHz tetapi dapat didongkrak hingga 3,4 GHz saat mode Turbo aktif.

Demi memastikan kelancaran multitasking dan ruang gerak antar aplikasi, ASUS membekali seri X550ZE ini dengan RAM 4GB LPDDR3L 1600 MHz. Namun jika pengguna menginginkan performa untuk mendongkrak laptop ini menjadi lebih gahar, maka kapasitas RAM tersebut masih dapat ditambah (upgrade) hingga 16 GB.

Adapun sebagai penyimpanan utama, ASUS menyediakan ruang sebesar 1TB ditambah dengan dukungan ASUS web Storage hingga 32GB gratis selama 3 tahun. Melalui penyimpanan berbasis cloud dari ASUS, Anda pun akan dengan mudah mengakses data dimanapun dan kapanpun.

Untuk mendapatkan notebook berdaya tahan tinggi, semua notebook ASUS telah melalui proses pengujian yang memastikan setiap model tahan banting dan dapat diandalkan.

Dalam prosesnya, semua notebook ASUS diuji dengan cara yang tidak biasa agar ketika sampai di tangan konsumen memang benar-benar memiliki kondisi fisik yang kuat.

Kesimpulan kenapa Papah Zahra ingin membeli seri X550ZE karena Keindahan Visual, Suara yang Mengesankan, Fitur Sentuh Intuitif, Respon yang Cepat dan Layanan Cloud ASUS WebStorage disamping yang paling penting harga terjangkau kisaran  Rp. 6.949.000 – Rp. 7.649.000,- (harga kewajaran dari produsesn=MSRP).

Pewarta: Abdul Hakim Muhiddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015