Desa Babai, Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) diresmikan dan ditetapkan menjadi Kampung Pancasila oleh Wakil Bupati H Mansyah Sabri, Kamis (31/3).

Dandim 1002/HST Letkol Kav Gagang Prawardhana menyebutkan, selain Desa Babai, pihaknya juga telah menyiapkan delapan desa lagi untuk dijadikan Kampung Pancasila.

Beberapa kriteria ditetapkannya Desa Babai menjadi Kampung Pancasila menurutnya adalah karena desa tersebut rukun, aman dan damai dengan tidak pernah ada konflik yang terjadi antar warganya.

Desa tersebut menurutnya sebagai contoh hidup damai tanpa konflik dan penerapan nilai-nilai Pancasila.

Plt Camat Barabai M Ramadlan juga menyebutkan beberapa alasan Desa Babai tetapkan sebagai Kampung Pancasila adalah karena warganya gemar gotong-royong, masyarakatnya juga sangat ramah dan sangat agamis.

"Tingkat rasa kemanusiaannya dan sosialnya juga sangat tinggi. Itulah menjadi dasar Desa Babai menjadi Kampung Pancasila," katanya.

Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri mengapresiasi upaya jajaran TNI dan Polri atas perannya menjadikan Desa Babai menjadi Kampung Pancasila.

"Kalau perlu seluruh desa di Kabupaten HST ini ditetapkan sebagai kampung Pancasila. Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dipastikan desa itu aman, damai dan saling menjunjung tinggi toleransi tanpa memandang ras serta golongan," katanya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022