Reli saham global yang didorong oleh teknologi mendingin di perdagangan Asia pada Kamis pagi, karena investor mengambil sikap yang lebih berhati-hati di tengah ketidakpastian seputar prospek inflasi dan suku bunga.

Namun, imbal hasil obligasi dunia terus menurun dari tertinggi multi-tahun dan dolar di kisaran ketat menjelang laporan inflasi AS yang diawasi ketat, yang akan dirilis di kemudian hari yang seharusnya menawarkan petunjuk baru tentang laju kenaikan suku bunga AS.

Minyak mentah melanjutkan tren naiknya karena penarikan besar dalam persediaan AS menggarisbawahi pengetatan yang sedang berlangsung di pasar.

Indeks acuan Nikkei Jepang memulai hari hampir 1,0 persen lebih tinggi sebelum memulai penurunan yang membawanya mendekati wilayah negatif. Kemudian rebound menjadi 0,33 persen lebih tinggi.

Sementara itu, saham-saham unggulan China (CSI300) merosot 0,52 persen dan Hang Seng (HSI) Hong Kong melemah 0,31 persen. Sedangkan Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang naik 0,10 persen.

"Kami tidak tahu berapa banyak kenaikan suku bunga AS yang akan terjadi tahun ini, dan saya rasa The Fed juga tidak tahu, dan itu membuat pasar sedikit gugup, setidaknya," kata Kyle Rodda, seorang analis pasar di IG Australia.

"Kejutan data apa pun akan mengobarkan kegugupan itu, dan itu mengarah pada ketidakstabilan yang kita lihat di pasar."

Pada Rabu (9/2/2022) Big Tech memimpin Wall Street lebih tinggi, dengan Nasdaq melonjak 2,1 persen dan S&P 500 berakhir 1,45 persen lebih tinggi.

Kontrak berjangka AS menunjuk lebih rendah, memperlihatkan penurunan 0,28 persen untuk Nasdaq dan penurunan 0,23 persen untuk S&P.

Membantu sentimen semalam adalah penurunan imbal hasil obligasi jangka panjang. Imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun tergelincir kembali ke 1,9285 persen di Tokyo pada Kamis dari puncak hampir 2,5 tahun pada Selasa (9/2/2022). Mitra Jermannya mundur dari level tertinggi tiga tahun.

"Itu adalah sesi yang lebih positif untuk obligasi global, dengan imbal hasil obligasi Eropa mengambil nafas dari kenaikan baru-baru ini yang tampaknya tanpa henti," Damien McColough, Kepala Strategi Suku Bunga Westpac, menulis dalam catatan klien.

"Meski begitu, imbal hasil obligasi global telah memasuki fase bearish dan investor kemungkinan akan menuntut premi yang lebih tinggi untuk berinvestasi mengingat risiko inflasi dan kebijakan ... jadi kami tetap menjadi penjual taktis yang lebih baik."

Nada yang lebih hawkish dari ECB dan The Fed pekan lalu membuat pasar lengah, mengirim imbal hasil melonjak.

Imbal hasil acuan obligasi pemerintah 10-tahun Australia merosot ke 2,086 persen pada Kamis dari setinggi 2,157 persen di sesi sebelumnya, mendekati puncak tiga tahun.

Imbal hasil acuan Jepang bertahan di puncak enam tahun 0,215 persen di tengah spekulasi bahwa pengetatan moneter yang lebih hawkish secara global dapat memaksa beberapa tindakan dari bank sentral Jepang (BoJ).



Presiden ECB Christine Lagarde, Kamis lalu (3/2/2022) mengirim spekulasi kenaikan suku bunga melonjak dengan tidak mengulangi bahwa kenaikan suku bunga 2022 sangat tidak mungkin, meskipun komentar selanjutnya dari pejabat bank menyatakan pengetatan besar-besaran kebijakan moneter tidak diperlukan.

The Fed secara luas diperkirakan akan mulai menaikkan suku bunga pada pertemuan Maret meskipun tidak ada kejelasan tentang kecepatan pengetatan.

Pasar uang yakin setidaknya seperempat poin kenaikan Fed bulan depan, dan memberikan peluang 1-dalam-4 kenaikan setengah poin.

Data yang akan dirilis pada Kamis diperkirakan menunjukkan inflasi konsumen AS berpacu pada angka tahunan 7 persen-plus, tingkat yang mengingatkan pada guncangan inflasi tahun 1970-an dan 1980-an.

Mata uang sebagian besar dalam pola bertahan menjelang rilis data inflasi, dengan indeks dolar stabil di 95,581 setelah memantul dari terendah dua minggu di 95,136 pada Jumat (4/2/2022).

Satu euro dibeli 1,14175 dolar dan yen diperdagangkan pada 115,49 per dolar.

Kombinasi dolar yang lemah dan imbal hasil obligasi yang lebih rendah membuat emas bersinar, yang bertahan dekat dengan tertinggi dua minggu, terakhir berpindah tangan di sekitar 1.834 dolar AS per ounce.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS bertambah 15 sen menjadi diperdagangkan di 89,81 per barel, sementara minyak mentah Brent berjangka diperdagangkan stabil di 91,53 dolar AS per barel.
 

Pewarta: Apep Suhendar

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022