Saham-saham Australia memperpanjang kenaikannya pada Rabu pagi, karena harga komoditas yang kuat mengangkat saham pertambangan dan energi, sehari setelah bank sentral negara itu mendorong kembali dengan keras spekulasi pasar untuk kenaikan suku bunga lebih awal.

Indeks acuan S&P/ASX 200 di Bursa Efek Australia terangkat 1,2 persen atau 83,4 poin menjadi diperdagangkan di 7.089,00 poin pada pukul 12.30 GMT. Indeks acuan ditutup 0,5 persen lebih tinggi pada Selasa (1/2/1022).

Bank sentral Australia (RBA) mengatakan pada Selasa (1/2/1022) bahwa pihaknya tidak terburu-buru untuk menaikkan suku bunga tetapi mengakhiri program pembelian obligasi 275 miliar dolar AS, sehingga meningkatkan spekulasi kenaikan suku bunga kebijakan yang lebih awal dari perkiraan.

Saham sektor pertambangan ditetapkan untuk hari terbaik mereka sejak 20 Januari, diuntungkan dari lonjakan harga tembaga dan emas, dengan saham kelas berat Rio Tinto Ltd dan BHP Group Ltd masing-masing menguat 2,5 persen dan 2,1 persen.

Perusahaan-perusahaan eksplorasi emas juga mencatat kenaikan, dengan Newcrest Mining Ltd dan Northern Star Resources Ltd masing-masing naik lebih dari 1,5 persen.

Saham sektor energi meningkat 2,3 persen ke level tertinggi hampir dua minggu, meskipun tidak ada perubahan besar dalam harga minyak. Perusahaan eksplorasi minyak dan gas utama Woodside Petroleum Ltd dan Santos Ltd masing-masing bertambah 2,8 persen dan 2,4 persen.

Saham perusahaan teknologi informasi naik tipis dan bersiap untuk kenaikan sesi keempat berturut-turut, mengikuti penutupan semalam yang kuat di Komposit Nasdaq.

Xero Ltd dan ComputerShare Ltd masing-masing terdongkrak sekitar 1,3 persen dan 3,4 persen.

Saham-saham keuangan kelas berat naik 0,8 persen, dengan Commonwealth Bank of Australia, Westpac Banking Corp, Australia and New Zealand Banking Group dan Macquarie Group diperdagangkan naik antara 0,7 persen hingga 1,5 persen.

Di seberang Laut Tasman, indeks acuan S&P/NZX 50 Selandia Baru meningkat 1,3 persen atau 166,5 poin menjadi diperdagangkan di 12.225,43 poin.

Saham Mainfreight Ltd melonjak sebanyak 7,1 persen setelah perusahaan rantai pasokan logistik itu memberikan pembaruan data perdagangan yang kuat.

Pewarta: Apep Suhendar

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022