Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - PT Pelni cabang Banjarmasin, Kalimantan Selatan, siap melayani pembelian tiket kapal laut secara "online" untuk memudahkan pelayanan bagi para calon penumpang kapal laut.

General Manager Pelindo III Banjarmasin Hengki Jajang Herasmana di Banjarmasin, Jumat mengatakan, baru PT pelni yang siap melaksanakan program "e-boarding" atau layanan pembelian tiket secara "online" yang diluncurkan di Banjaramsin beberapa waktu lalu.

Sedangkan perusahaan pelayaran lainnya, mengaku sedang mempersiapkan infrastruktur untuk bisa menjalanan program sebagaimana instruksi dari Menteri Perhubungan Ignatius Jonan saat melakukan kunjungan ke Banjarmasin, pada Ramadhan 1436 hijriah.

"Kita telah meluncurkan program "e-boarding" dan melakukan sosialisasi ke seluruh perusahaan pelayaran, intinya mereka siap melaksanakan program tersebut, namun perlu persiapan infrastruktur," katanya.

Layanan "e-boarding" ini, sebagai salah satu upaya PT Pelindo bersama perusahaan pelayaran dalam meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi penumpang kapal laut.

Melalui program tersebut, selain mempercepat pelayanan juga memudahkan bagi para calon penumpang untuk mendaptkan tiket, selain itu juga data manifest penumpang antara Pelindo III Banjarmasin dan pihak agen kapal akan sama.

Layanan "e-boarding" merupakan layanan "check-in" yang sangat mudah bagi penumpang kapal laut dimana mereka cukup membawa tiket saat akan masuk ruang tunggu," katanya.

Sehingga, penumpang kapal tidak perlu menunggu petugas membuatkan bukti "check-in" secara manual, cukup melalui "scan barcode" yang ada di tiket, maka bukti "check-in" otomatis tercetak.

Ditargetkan, pada awal 2016, seluruh perusahaan pelayaran di Banjarmasin telah siap dengan sistem "e-boarding", sehingga perisitiwa terjadinya penumpukan penumpang kapal laut di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin tidak terjadi.

Sebab, masing-masing penumpang sudah bisa memastikan hari dan waktu pemberangkatan kapal, sehingga tidak perlu menunggu waktu lama di pelabuhan.

Pewarta: Hery Murdy Hermawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015