Sebanyak 285 CPNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Formasi Pengadaan Tahun 2019 dilantik dan diambil sumpah oleh Bupati HST menjadi PNS di Halaman Kantor Bupati setempat, Jumat (7/1).

Awalnya, pelantikan berlangsung lancar, namun saat pembacaan sumpah janji dan pidato Bupati, tiba-tiba hujan turun dengan lebatnya sehingga membuat para PNS basah kuyup. Walau demikian prosesi pelantikan tetap dilanjutkan.

Salah seorang PNS yang baru dilantik Zakrullah mengungkapkan, seluruh teman-temannya tetap semangat mengikuti prosesi pelantikan walau hujan-hujanan.

"Karena ini momen bersejarah bagi kami setelah selama setahun menjadi CPNS dan telah menyelesaikan pelatihan dasar selama tiga bulan, hingga akhirnya diangkat resmi menjadi PNS hari ini," katanya.

Sebelumnya, Kepala BKPSDMD Wahyudi Rahmad dalam laporannya menyampaikan, CPNS yang diambil sumpah/janji menjadi PNS adalah sebanyak 285 orang yang terdiri dari tenaga guru 174 orang, tenaga kesehatan 48 orang, tenaga teknis/administrasi 39 orang, tenaga penyuluh pertanian 4 orang, tenaga PPBJ 14 orang dan Satpolpp 6 orang.

"Semua CPNS formasi pengadaan tahun 2019 telah mengikuti dan lulus Pelatihan dasar CPNS tahun 2021 lalu, dinyatakan sehat jasmani dan rohani berdasarkan hasil pengujian kesehatan oleh tim pengujian kesehatan serta telah direkomendasikan oleh Kepala SKPD masing-masing untuk dapat diangkat menjadi PNS, "jelas Wahyudi.

"Berdasarkan hal tersebut semua CPNS dilingkungan Pemkab HST formasi pengadaan tahun 2019 telah memenuhi persyaratan untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil," tuntasnya.

Sementara dalam sambutannya Bupati HST menyampaikan jangan sampai pengambilan sumpah/janji PNS ini hanya sebatas seremonial belaka, karena momentum ini memiliki arti penting yang menandai awal pengabdian yang relatif panjang bagi pelayan publik atau PNS.

"Kepada para PNS yang baru diangkat, agar dapat bekerja dengan penuh dedikasi dan disiplin yang tinggi, mengingat arti penting PNS sebagai motor penggerak pembangunan di lingkungan birokrasi Pemkab HST ke depan," harap Bupati.

Berikut moment pelantikan saat seluruh PNS tetap bertahan walau hujan-hujanan:
 

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022