Bupati Kotabaru, Kalimantan Selatan H Sayed Jafar menerima kehadiran Bupati Barru, Sulawesi Selatan, H Suardi Saleh, guna menjajaki sejumlah kerja sama.

"Kunjungan Bupati Barru ke Kotabaru merupakan yang pertama," kata Sayed Jafar, dilaporkan, dalam siaran pers Jumat.

Dia menambahkan, Bupati Barru juga membawa beberapa kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk meninjau pelabuhan dan juga membahas kerja sama terutama terkait dengan penyeberangan antara Kotabaru-Barru-Sulawesi Barat-Bontang.

Menurutnya, kerja sama ini nantinya diharapkan bisa mendorong perekonomian antarkabupaten yang dilewati oleh rute kapal penyeberangan.

Selain meninjau pelabuhan, rombongan bupati Barru juga diajak untuk melihat keindahan pantai Gedambaan dan juga Bukit Mamake, serta meninjau langsung sirkuit Gedambaan.

"Kedatangan kami bukan hanya sekedar silaturahmi, tetapi juga untuk menjalin kerja sama antaraPemkab Barru dengan Pemkab Kotabaru dalam banyak hal," kata Bupati Kabupaten Barru Sulawesi Selatan H Suardi Saleh.

Dikatakan, Kabupaten Barru dan Kabupaten Kotabaru memiliki kesamaan, dari  keberadaaan pelabuhan serta lalulintas barang yang sangat banyak. Sehingga diharapkan akan ada semacam tol laut yang menghubungkan Barru dan Kotabaru baik secara kedinasan maupun pribadi.

"Ini yang akan kita rintis. Selain itu juga hal - hal lain yang akan kita kerjasamakan, seperti halnya kebutuhan sapi,"terangnya.

Terkait sektor pariwisata, H Suardi Saleh sangat tertarik dengan wisata Goa Lowo yang terletak di Kecamatan Kelumpang Hilir. Yang ternyata dari perbincangan dengan Bupati Kotabaru wisata Goa Lowo ini dikelola langsung Bumdes.

“Besok kami akan kesana, ini sangat luar biasa, berbekal pembiayaan dari APBDes tetapi bisa menghasilkan dan bisa ditiru bagaimana cara pengelolaannya. namanya Pariwisata berbasis masyarakat, yang langsung melibatkan masyarakat dalam pengelola

Pewarta: *

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021