Kemeriahan Pekan Raya dalam rangka HUT Kabupaten Tabalong ke-56 terus menggelora, setelah vakum bebera0a tahun akibat pandemi COVID-19.

Pekan Raya Tabalong yang dibuka 1 Desember  dan ditutup 11 Desember 2021 ini mampu menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat di 'Bumi Saraba Kawa' karena menjadi ajang hiburan mulai dari pameran budaya, produk UMKM hingga edukasi.

Tak ingin ketinggalan, Adaro melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) turut memeriahkan Pekan Raya ini melalui Tim Sainsnya mengajak pengunjung ikut bermain sambil belajar.

 Tak hanya belajar pengunjung juga bisa menikmati pertunjukkan mendongeng bersama anak-anak. Mengusung Tema “Fun Sains” Adaro ingin mengirimkan pesan sains itu mengasyikkan dan ilmunya pun mudah dipraktikkan.

Dalam kegiatannya tim mengajak pengunjung bermain Kertas Ajaib mekanismenya pun mudah peserta hanya perlu menggosokkan cairan berwarna kuning yang disediakan pada kertas kosong lalu akan ada tulisan yang muncul di kertas itu.

“Peserta hanya menggosok kertas dengan cairan kuning, maka akan muncul tulisan, jika ke luar tanda X artinya tidak dapat hadiah sebaliknya bila kata YABN atau HUT Tabalong maka pengunjung dapat hadiah dari kami,
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
” ungkap Husna dari Tim Sains YABN. Anggota Tim Sains lainnya Dievy menambahkan konsep kertas Ajaib sangat sederhana dan dapat dilakukan di rumah karena bahannya mudah diperoleh.

 “Membuatnya cukup mudah, pertama membuat tulisan di kertas dengan dibantu cairan deterjen bubuk lalu dikeringkan jika sudah kering tinggal membuat cairan kuning dari campuran alkohol dan bubuk kunyit nanti cairan ini berfunsi sebagai tinta ajaibnya,” jelas Dievy.

Kegiatan sederhana ini berhasil menggaet ratusan pengunjung, dalam kegiatannya mereka terlihat asyik dan penasaran dengan metode kertas ajaib.

Selain belajar sains para pengunjung juga difasilitasi spot foto dengan menggunakan jas dan properti laboratorium.

 Sri Hartini salah satu pengunjung mengaku sangat senang dengan kegiatan Fun Sains yang diadakan Adaro, menurutnya kegiatan ini bermanfaat kepada anak-anak karena selain belajar mereka juga bisa bermain dan memahami hal yang baru.

 “ Sangat senang dengan kegiatannya karena si dedek bisa bereksperimen, rasanya mau main lagi” ungkap Sri Hartini.

Pewarta: *

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021