Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Provinsi Kalimantan Selatan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) melaksanakan kegiatan donor darah dalam rangkaian HUT ke-84.

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-84 Perum LKBN ANTARA sebagai kantor berita milik pemerintah dalam kegiatan donor darah ini mengangkat tema "Satu tetes darahmu kehidupan bagi kami" yang di gelar di kantor Biro LKBN ANTARA Kalsel di Jalan Brigjen Hasan Basri, Rabu.

Kepala Biro LKBN ANTARA Kalsel Aulia Badar mengatakan, di masa masih pandemi COVID-19 ini, LKBN ANTARA Kalsel ingin berkontribusi bagi kesehatan daerah saat merayakan HUT ke-84 tahun 2021 ini.

Salah satunya kegiatan donor darah ini untuk membantu kekurangan stok darah di PMI Kota Banjarmasin bagi distribuai bagi pasien di rumah sakit di daerah ini, karena pandemi COVID-19 tersebut.

"Minimal 30 kantong darah kita bisa berkontribusi dalam kegiatan ini," paparnya.

Tidak hanya kegiatan donor darah ini, kata Aulia Badar, masih dalam rangkaian HUT ke-84 LKBN ANTARA ini, akan digelar pula sunatan massal bagi anak-anak yatim dan anak dari keluarga tidak mampu.

"Untuk gelar sunatan massal ini bekerjasama dengan pengurus Mesjid Al-Muhajirin di Jalan HKSN Banjarmasin Utara, dijadwalkan tanggal 22 Desember 2021," ujarnya.

Dia pun berharap, dengan kegiatan sosial ini, Perum LKBN ANTARA yang akan genap berusia 84 tahun pada 13 Desember 2021 (13 Desember 1937) terus maju dan terus berkontribusi besar bagi bangsa dan negara.

"Untuk kegiatan donor darah dan sunatan massal ini kita jadwalkan bisa dilaksanakan setiap tahun," ujar Aulia Badar.

Sementara itu, dr Syaiful dari PMI Kota Banjarmasin menyatakan sangat berterima kasih kepada LKBN ANTARA Kalsel yang memfasilitasi kegiatan donor darah ini.

Menurut dia, dengan kegiatan ini PMI Kota Banjarmasin tidak hanya mendapatkan tambahan untuk stok darah, namun juga yang terpenting itu dapat memunculkan pendonor darah baru.

:Juga pelestarian para pendonor darah di daerah kita, ini yang penting," bebernya.

dr Syaiful mengatakan, stok darah di PMI tidak bisa dinyatakan terus cukup, karena kebutuhan akan transfusi darah juga bisa tinggi setiap saat.

"Untuk RSUD Ulin Banjarmasin saja, setiap hari itu bisa sampai 100 kantong darah diperlukan," ujarnya.

"Berapa rumah sakit di kota ini, itu hanya satu RSUD, makanya kita minimal 4.000 kantong darah setiap bulannya, kita berterima kasih kepada LKBN ANTARA jadi bagian yang berkontribusi," kata dr Syaiful.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021