Kotabaru,(Antaranews Kalsel) - Polres Kotabaru, Kalimantan Selatan, mengerahkan sedikitnya 518 personel gabungan dalam kegiatan simulasi menangani aksi massa yang anarkis dalam pemilihan bupati, wakil bupati serta gubernur dan wakil gubernur.


Kapolres Kotabaru Ajun Komisaris Besar Polisi Suhasto di Kotabaru, Rabu mengatakan, pihaknya meminta sekitar 100 personel Brimob dari Polda Kalsel bergabung dengan Polres Kotabaru dalam simulasi ini.

"Simulasi diperlukan sebagai salah satu cara membiasakan petugas dalam menangani masalah yang bisa sewaktu-waktu muncul," ujar Kapolres.

Khusus untuk menjaga keamanan dan ketertiban, Polres Kotabaru sudah melakukan pemetaan wilayah-wilayah rawan konflik dan tahapan yang berpotensi terjadi konflik.

"Namun semuanya sudah diantisipasi dan sudah ada strategi cara untuk mengatasinya. Mudah-mudahan tidak terjadi dan Pilkada di Kotabaru berjalan aman dan damai," kata dia.

Suhasto yakin masyarakat Kotabaru sudah turun-temurun terbiasa dengan hidup damai berdampingan, saling menghormati antar sesama, akan menjaga pilkada tetap kondusif.

"Kita harapkan bersama pada pesta demokrasi pemilihan bupati, wakil bupati dan gubernu, wakil gubernur yang digelar secara serentak 9 Desember juga kondusif, tidak ada anarkis dan hal-hal yang bisa menyebabkan keresahan," kata dia.

Dikatakan, pesta demokrasi di Kotabaru menjadi pesta terbesar di Kalsel, bahkan mungkin di Indonesia, di mana peserta calon bupati dan wakil bupatinya terbanyak, yakni enam pasangan.

Selain deklarasi kampanye damai dan simulasi, sebagai salah satu cara untuk mengajak seluruh elemen masyarakat mensukseskan Pilkada, Polres, KPU, Panwas dan yang terkait menggelar konfoi pemilu damai. Dan masyarakat bisa menyaksikan kegiatan terbuka itu.

Sementara itu, pasangan H M Iqbal Yudianor dengan H Syahiduddin mendapatkan nomor urut satu, dan pasangan H Rudy Suryana dengan Rizky Octavianor mendapatkan momor urut dua.

Pasangan H Sayed Jafar Al Idrus dengan H Burhanuddin mendapatkan nomor urut tiga dan pasangan H M Alamsyah dengan Risdianto Haleng HB mendapatkan nomor urut empat.

  Selanjutnya pasangan H Irhami Ridjani dengan H Syamsul Alam Azhar mendapa nomor urut lima dan pasangan H Alpidri Supian Noor dengan H Gusti Syafrin Masrin mendapat nomor urut enam.   

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015