Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Tim Dayung Perahu Naga Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, berhasil memborong empat medali pada lomba dayung se Kalimantan Selatan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-70.


"Pedayung Tanah Bumbu berhasil menyabet juara satu dan juara empat untuk kategori pelajar, juara satu dan tiga untuk kategori umum," kata Ketua Persatuan Olah Raga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Tanah Bumbu, Samsisar, di Batulicin, Rabu.

Dikatakan, lomba perahu naga yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-70 di Sungai Martapura itu diikuti 24 atlet yang datang dari sejumlah daerah di Kalsel.

Kegiatan tersebut, lanjut dia, Tanah Bumbu mengirimkan lima tim dayung di antaranya tiga tim untuk kategori pelajar dan dua tim untuk kategori umum.

Tim Dayung Perahu Naga Tanah Bumbu kategori pelajar yang meraih prestasi dari SMAN 1 Kusan Hilir, MAN 1 Tanah Bumbu, SMP 6 Kusan Hilir, MTSN 1 Kusan Hilir, SMP 1 Kusan Hilir, SMPN 2 Kusan Hilir, dan MTS Alfalah Kusan Hilir.

"Prestasi yang diraih sekolah sangat menggembirakan dan membuktikan bahwa pemuda Tanah Bumbu mampu bersaing dengan daerah lain, khususnya pada cabang olahraga Dayung Perahu Naga," ujarnya.

Hal itu tidak terlepas dari pembinaan yang telah dilakukan oleh PODSI Tanah Bumbu dan dukungan serta dorongan dari pemerintah daerah melalui Dinas Pemuda Olah Raga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) dan Komite Olah raga Nasional Indonesia (KONI).

Kepala Disporabudpar Tanah Bumbu M. Thaha mengapresiasi keberhasilan Tim Dayung Perahu Naga yang telah meraih juara di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

"Kami selaku pemerintah daerah sangat bangga dengan prestasi yang diraih apalagi prestasi tersebut didapat bertepatan dengan peringatan HUT Proklamasi Republik Indonesia, ujarnya.

Ia mengharapkan walaupun di Tanah Bumbu belum memiliki tempat latihan yang khusus namun kedepannya olah raga ini perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah, agar dapat meraih prestasi yang baik lagi dan dapat mengharumkan nama daerah baik itu di tingkat Nasional maupun Internasional.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015