Balangan - (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 26 orang pejuang kemerdekaan atau yang sering disebut veteran dan 112 janda veteran yang tersisa di Balangan, Provinsi Kalsel, mendapat undangan kehormatan untuk mengikuti Upacara HUT 70TH RI di Halaman Kantor Bupati setempat.

Selepas upacara bendera HUT 70TH RI, sejumlah veteran dan janda veteran tersebut mengantri duduk berjejer di ruangan tamu dan di depan Aula Benteng Tundakan Pemkab Balangan, menantikan bingkisan serta tunjangan dari pemerintah setempat.

Hamjah, salah satu veteran yang berasal dari Desa Baruh Bahinu, Kecamatan Paringin Selatan mengungkapkan, setiap 17 Agustus dirinya mendapatkan sekotak snack, nasi kotak, bingkisan kecil serta uang tunjangan dari panitia HUT RI di daerah Kabupaten Balangan.

"Biasanya dapat snack, dan dapat sekotak nasi, serta bingkisan kecil dan amplop berisi uang dari Pemkab Balangan, tahun ini nasi kotak ga dapat," ujarnya.

Ketika ditanya mengenai umurnya yang sudah terlihat antara 85 dan 90 tahunan, ia mengatakan tidak tahu, dan sekitar berapapun umurnya ia tak bisa menjawabnya.

Hamjah terlihat masih mampu berjalan dengan tertatih dan pelan, ditangan kirinya tak pernah lepas bungkusan kotak kecil yang dibungkus rapi dengan sapu tangan lusuh yang ia bawa dari rumah.

"Ini ada snack pembagian saat upacara tadi, saya bungkus pakai sapu tangan, buat bekal dirumah, lumayan buat ngisi perut saat lapar, kue seperti ini tidak tiap hari atau tiap bulan kita dapat, ini kue pejabat," lirihnya sambil tersenyum.

Saat dilihat, kotak snack tersebut berisi satu gelas air mineral, satu permen, satu kue lapis kering berbentuk segitiga sebesar kurang lebih tiga jari, dan satu kue berlapis coklat sebesar kotak korek api.

Hamjah tetap merasa bangga dan senang dengan apa yang ia terima pada HUT 70TH RI, seakan semua itu merupakan harga yang sesuai dengan pengorbanan para pejuang masa lalu.

"Alhamdulillah semua veteran dan jandanya dapat snack, lalu dikasih uang dan bingkisan kecil, itu artinya kami masih diingat oleh orang," kata Hamjah.

Seperti halnya Hamjah, beberapa veteran dan janda veteran juga membawa snack yang dibagikan saat upacara HUT 70TH RI tersebut, meskipun bagi tamu undangan lainnya snack tersebut tidak begitu menarik, bahkan banyak yang dibuang dan tak termakan.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015