Air Terjun Batarius di Desa Mamigang Kecamatan Halong memiliki pesona kekayaan alam yang luar biasa setelah dilakukan survei oleh Tim Peneliti Universitas Brawijaya (Unbraw) Kota Malang.

"Kegiatan survei potensi wisata alam Air Terjun Batarius Desa Mamigang membuka tabir kekayaan alam dan budaya di Kabupaten Balangan, khususnya di Kecamatan Halong. Kami melihat di zona sekitar banyak terdapat potensi keindahan alam seperti Riam Buntar," kata Aris Subagyo Koordinator tim Peneliti Universitas Brawijaya (Unbraw) Kota Malang di Paringin, Selasa.

Selain itu, ucapnya, melalui ekowisata desa segala potensi wisata di daerah dapat dikembangkan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian lokal.

Kepala Bappedalitbang Balangan Rakhmadi Yusni, mengatakan perlu diketahui sebagai wilayah yang mempunyai beragam geografis serta beragam budaya sosial, Balangan tentu mempunyai banyak sekali kekayaan sumber daya alam maupun manusianya yang berpotensi untuk lebih dikembangkan.

Menurutnya, sebagai daerah relatif masih muda dan perkembangannya juga belum maksimal, tentu pengembangan daerah masih terbuka lebar. Atas kondisi itulah Bappedalitbang mempunyai tugas berat untuk menyusun arah pengembangan daerah ke depan.

"Kami berharap ke depan hasil penelitian pengembangan dan inovasi tersebut bisa digunakan untuk mencapai kesejahteraan warga masyarakat Balangan," tuturnya.

Sementara itu, Kabid Litbang dan Inovasi Bappelitbang Balangan Reki Herdianto, berharap potensi wisata desa dapat dikembangkan sampai pada usaha turunan. di antaranya seni budaya Dayak, aneka buah langka dan produk anyaman sebagai produk oleh-oleh bagi wisatawan dengan dikelola secara optimal oleh masyarakat melalui Pokdarwis serta BUMDes.

"Selain itu pada intinya kami terus mendorong tumbuh kembangnya potensi wisata desa yang bisa menjadi peluang bidang BUMDes untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa," pungkasnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021