HUT ke 76 TNI, menjadi momen anggota Kodim 1010/Tapin untuk melaksanakan upacara, ziarah hingga tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Puspa Raya Tapin.

Dandim 1010/Tapin Letkol Inf Andi Sinrang mengatakan pelaksanaan kegiatan itu tidak  hanya untuk memberikan penghormatan dan menaburkan bunga di pusara para pahlawan kusuma bangsa namun diharapkan menjadi bahan renungan untuk generasi penerus masa kini dan masa yang akan datang.

”Tentang arti patriotisme hingga semangat nasionalisme yang menjadi dasar perjuangan. Kemudian bisa sebagai motivasi dalam melanjutkan perjuangan, sehingga para anggota kodim ini dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya,” bebernya.

Menurutnya, jasa para pahlawan harus selalu hadir di dalam sanubari prajurit TNI, sebab jasa itu yang menjadikan Indonesia merdeka.

”Meski tak bisa dilakukan meriah seperti sebelum pandemi. Kami harapkan melalui umur yang baru ini, seluruh prajurit semakin semangat dalam mengemban tugas,”harap Dandim.

Proses ziarah itu diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, melakukan peletakan karangan bunga oleh Dandim dan di akhiri dengan tabur bunga oleh seluruh anggota.

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021