Balangan - (Antaranews Kalsel) - Persediaan daging untuk kebutuhan konsumsi warga Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, dipastikan aman menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah.


Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura Peternakan dan Perikanan (PTPHPP) Balangan, Ir Tuhalus, Senin di Paringin memastikan ketersediaan (stock) daging sapi melebihi kebutuhan warga setempat.

"Kebutuhan daging warga Balangan pada bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah ini diperkirakan sekitar 40 ekor sapi, dan kami mempunyai stock sebanyak 60 ekor," katanya saat ditemui di ruang kerjanya.

Selain itu ungkap Tuhalus, ketersediaan daging sapi tersebut untuk kesiapan dalam menstabilkan harga daging di pasar, dimana kita khawatirkan akan ada kenaikan harga daging di pasaran jika ketersediaannya kurang dari permintaan konsumen.

Sejauh ini lanjutnya, harga daging sapi di pasaran masih normal, yaitu berkisar di harga Rp120.000/kilogram, dan merata disetiap pedagang daging.

Jadi ketersediaan daging sapi untuk wilayah Balangan tak perlu dikhawatirkan, tak akan menjadi permasalahan jelas Tuhalus, karena ketersediaan sapi di Balangan bahkan bisa menambah kebutuhan daging di kabupaten lain.

"Ketersediaan daging sapi kita bahkan bisa menambah kebutuhan daging kabupaten lain di luar Balangan, seperti Kabupaten Tabalong," kata Tuhalus menerangkan kepada awak media.

Lagi pula, permintaan daging sapi ketika Hari Raya Idul Fitri lebih sedikit dibanding permintaan sapi pada saat Hari Raya Qurban atau Idul Adha.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015