Cabang Olahraga Petanque baru berkembang sekitar dua tahun lalu di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan namun atletnya sudah menembus pra Pekan Olahraga Nasional.

"Atlet senior Petanque Akhmad Novrizal Rahman dari Hulu Sungai Utara mengikuti Pra PON di Jakarta," ujar Panitia Turnamen Petanque se Kalsel, Hj Aniwarni di Amuntai, Senin.

Ani mengatakan, melihat potensi atlet cabang olahraga ini, maka Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten HSU melaksanakan Turnamen Petanque se Kalsel di Stadion Pangeran Suryanata  Amuntai pada  25-26 September kemaren.

Ia mengatakan tujuan dipilihnya Turnamen Petanque untuk  menggali bibit atlet baru dan lebih memasyarakatkan cabang olahraga petanque kepada masyarakat Kabupaten HSU khususnya.
 
Turnamen Petanqie se Kalsel di GOR Pangeran Suryanata Amuntai Kabupateb HSU, sabtu. (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

Hasilnya untuk atlet yg punya sertifikat menuju Porprov di Kandangan ada beberapa mata lomba yang sudah terisi yang semua atletnya merupakan asli putra daerah HSU.

Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten HSU menghelat Turnamen Petanque dalam rangka Hari Olahraga Nasional ke-38 Tahun 2021, 

Turnamen diikuti para atlet dari banua enam seperti HSU sebagai tuan rumah, Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, dan Tapin, tetapi juga diikuti oleh para atlet dari Kabupaten Banjar dan Banjarbaru. 

Selain mempertandingkan tim double putra dan triple putra, dalam turnamen ini juga ikut mempertandingkan tim bouble putri dan triple putri dari perwakilan masing-masing daerah. 

Ketua KONI HSU H Ahmad Barkati sangat mengapresiasi atas terselenggaranya turnamen Petanque karena sudah dua tahun vakum.
 
Ketua Panlak Hj Aniwarni menyerakan tropi dan hadiah kepada pemenang Turnamen Petanqie se Kalsel di GOR Pangeran Suryanata Amuntai Kabupateb HSU, sabtu. (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

"Karena itu saya mendorong ketua FOPI dan pengurus agar bisa mengadakan turnamen yang lebih luas lagi se Kalimantan Selatan" Kata Barkati saat membuka turnamen, Sabtu (25/9)

KONI juga mendorong cabang-cabang olahraga lainnya seperti tenis meja untuk mengadakan turnamen serupa yang juga cakupannya lebih luas. 

"Suatu anugerah atlet Petanque Hulu Sungai Utara bisa tampil dalam Porprov Kalimantan Selatan mendatang, semoga ada yang berprestasi sehingga nantinya bisa  memperkuat PON akan datang di Medan dan Aceh," kata Barkati.

Ada pun hasil kejuaraan Tournament Petanque se Kalsel 2021 di Amuntai  dalamm rangka HAORNAS, pada kelompok 
Double Putra Juara I diraih Kabupaten HSS, juara II Kabupaten Banjar, juara III HSU dan  
kabupaten Tapin.

Kelompk Double Putri, Juara I diraih Kabupaten HST, juara II HSU, juara III HSS dan Kabupaten. Banjar

Kelompok Triple Putra, Juara I HSU, juara II Kotamadya Banjarbaru, juara III HSU dan HSS sedangkan pada Kelompok Triple Putri  juara I HST, juara II Tapin, juara III HSS dan Kabupaten Balangan.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021