Produk Kain Sasirangan berbahan alami yang di hasilkan para perajin di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan diyakini  tembus pasar (market) di ibu kota Jakarta bahkan pasar Internasional.

Tim Kurator dari Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menilai produk Sasirangan HSU memiliki kualitas dari segi desain dan motif yang casual dan minimalis yang disuka konsumen kota besar seperti Jakarta.

Perajin Sasirangan HSU Zainal Fuad mengirim 10 sampel produk unggulan Sasirangan untuk diikutsertakan pada Pameran onilne di Rumah Griya Asri Dekranasda dalam rangka mendukung Destinasi Wisata Danau Toba.

"Alhamdulillah, pada Acara Webinar dengan Kurator Dekranas tadi mendapat penilaian bagus, semoga UKM yang ikut dalam pameran ini dapat membuka jalan bagi UKM lainnya di Hulu Sungai Utara, " ujar Fuad di Amuntai, Jum'at (24/9).

Fuad mengatakan, kelompok perajin ECOmel Sasirangan yang dikelolanya siap melayani permintaan produk Sasirangan dari dalam maupun luar negeri.
 
Perajin HSU dan jajaran Disperindagkop UKM dan Dekranasda HSU mengikuti Kegiatan Zoom Meeting dalam rangka Kurasi Produk Kerajinan Kalsel yang akan diikutsertakan dalam Pameran online Kriya Dekranasda PIC Danau Toba di Gedung Agung Amuntai, Jum'at (24/9). (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

Dikatakan ECOmel Sasirangan sudah beberapa memenuhi permintaan produk Sasirangan untuk keperluan Hari Jadi Kabupaten HSU maupun kegiatan di organisasi dan masyarakat.

"Semoga melalui Pameran online di Rumah Kriya Asri Jakarta membuka jalan bagi para perajin HSU untuk memperluas pemasaran produk mereka," kata Fuad yang tahun kemaren terpilih sebagai Duta Ekowisata Indonesia.

Pada pameran kali ini, kata Fuad, hanya tiga kelompok perajin HSU yang berani mengikuti kegiatan tersebut, kedepan Dekranasda HSU diharapkan memfasilitasi perajin lain untuk siap memperluas pasar mereka.

Pada acara Webinar dalam rangka Kurasi produk-produk kerajinan Kalsel Jum'at kemaren diikuti semua kabupaten/kota yang menampilkan produk unggulan masing-masing dan dinilai oleh tim Kurator Dekranas agar layak ditampilkan di ajang pameran online.

Webinar dipandu langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian (Disperin) Kalsel Mahyuni didampingi Sekretaris Disperin Kalsel Hasan Talaohu diikuti Plt Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah HSU Muhammad Rafiq dan Kasi Perindustrian Thamrin bersama perajin HSU melalui Zoom Meeting di Gedung Agung Amuntai.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021