PT Jasa Raharja berhasil mencetak prestasi positif pada semester I tahun 2021 ditandai dengan kecepatan pelayanan yang diikuti oleh peningkatan santunan.

" Kondisi pendemi di tengah kecepatan merupakan nilai yang diberikan saat meninggal dunia mengalami peningkatan," terang Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono .

Kecepatan santunan meninggal dunia sampai semester I 2021 rata-rata 1 hari 10 jam lebih cepat 1 hari 14 jam dari target 3 hari. 

Sedangkan untuk korban luka-luka yang dirawat di rumah sakit sebanyak 89,46 persen korban santunannyalangsung kepada rumah sakit atau melalui metode penjaminan santunan meningkat 1,47 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu dan naik 1,96 persen dibandingkan dengan target 2021 87,5 persen.

Kecepatan pelayanan ini diikuti oleh peningkatan santunan, dimana semester I tahun 2021 Jasa Raharja telah memberikan santunan sebesar Rp1,16 triliun atau naik 3,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar Rp1,12 triliun.

Menurut Rivan , capaian kinerja pelayanan Jasa Raharja dapat diraih melalui strategi transformasi proses bisnis yang dijalankan. 

Sinergi sistem pelayanan diantaranya data kecelakaan dengan Korlantas Polri melalui IRSMS , data kependudukan dengan Ditjen Dukcapil, data pasien dan penjaminan dengan RS, data kepesertaan dengan SJSN dan cash management system dengan perbankan. 

Terkini, Jasa Raharja menerapkan sistem aplikasi SiVera yaitu Sistem Verifikasi Rawatan Digital. Sistem yang merupakan sinergi dengan pihak ketiga dalam pengendalian biaya rawatan korban, sehingga dapat dilakukan secara online dan dapat memantau biaya rawatan pasien dari hari ke hari sampai selesai menjalani perawatan di rumah sakit.

Selain penanganan pada pasca kecelakaan Jasa Raharja juga memiliki tanggung jawab untuk turut serta bersama pemerintah dalam rangka program pencegahan kecelakaan. 

Pada Lebaran tahun ini Jasa Raharja meluncurkan program MOL -AE (Mudik OnLine Aman Enak), dimana program ini memberikan fasilitas kuote internet gratis. 

Program yang baru pertama kali diluncurkan ini diikuti oleh tidak kurang dari 5 ribu peserta, dengan tujuan agar masyarakat dapat tetap bersilaturahmi dengan keluarga secara virtual sebagai alternatif mudik Lebaran.

Dengan program ini pencegahan kecelakaan dan pencegahan penyebaran COVID -19 akibat dari mobilitas masyarakat dapat tercapai

Sebagai wujud kepedulian Jasa Raharja kepada masyarakat, juga menyelenggarakan program tanggung jawab sosial kepada masyarakat melalui berbagai program. Diantaranya bantuan sosial kepada korban bencana alam.

Program pemberdayaan ekonomi seperti pemberdayaan ekonomi perempuan pesisir di Desa Kulati Kecamatan Tumia Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara.

Pelatihan wirausaha ditunjukan kepada ahli waris Korban Kecelakaan, Pemberian alat bantu Mobilitas, JR Ketahanan Yaitu Pelatihan digital Dan barista ditunjukan kepada disabilitas Dan PENERIMA Manfaat Jasa Raharja, penyaluran dana UMK bekerjasama, DENGAN Bahan ArthaVentura ( BAV ), program go green mulai dari penanaman mangrove hingga penanaman pohon dan restorasi karang.

Kemudian program Traffic Hero yaitu penghargaan seseorang/komunitas yang membantu program pencegahan kecelakaan serta Youth Innovation Contest ajang perlombaan inovasi untuk mencari solusi untuk mengurangi angka kecalakaan lalu lintas.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021