Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kasus kriminalitas di Kota Banjarmasin, selama Ramadhan mengalami penurunan dari bulan-bulan sebelumnya dikarenakan banyaknya aktivitas kepolisian yang turun ke lapangan di kota setempat.

"Sejak memasuki Ramadhan polisi sudah kami kerahkan untuk meningkatkan aktivitas di lapangan guna antisipasi tindak kejahatan dan kriminalitas," ucap Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Drs Wahyono MH di Banjarmasin, Jumat.

Ia mengatakan, penurunan tindak kriminal pada bulan Ramadhan ini dikarenakan pihak kepolisian sering melakukan patroli yang ditingkatkan dan itu dilakukan seluruh satuan fungsi yang ada di Polres setempat seperti Satuan Reskrim, Satuan Sabhara, Satuan Intelkam, Satuan Resers Narkoba dan Satuan Lantas.

Selain itu dengan banyaknya polisi melakukan aktivitas di lapangan sehingga terlihat jelas kalau polisi selalu hadir di tengah-tengah masyarakat baik pagi, siang, sore bahkan malam hari.

Banyaknya kegiatan polisi di luar kantor itu terlihat secara kualitas dan kuantitas kasus kriminalitas itu bisa dinyatakan menurun dari bulan-bulan biasanya.

Terus dikatakan, penurunan kasus kriminalitas juga tak luput dari peran serta adanya sembilan pos pantau yang di bangun di titik-titik rawan yang ada di kota "seribu sungai" ini.

Dengan adanya pos pantau di titik rawan membuat para pelaku tindak kriminal harus berpikir dua kali apabila mereka ingin melakukan aksinya.

"2/3 kekuatan di Polresta kami kerahkan untuk melakukan pengamanan Bulan Ramadhan dan saat menjelang lebaran Idul Fitri sehingga polisi lebih banyak di lapangan," tutur orang nomor satu di lingkungan Polresta Banjarmasin itu.

Wahyono juga mengatakan, pihaknya tidak akan memberikan toleransi bagi setiap pelaku kejahatan ataupun kriminalitas apabila mereka terbukti dan tertangkap tangan maka akan langsung ditindak tegas baik di lapangan maupun di dalam penyidikan nantinya. ***2***





(T.G007/B/H005/H005) 03-07-2015 17:48:42

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015