Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - H Abdul Latief berpasangan dengan H Chairansyah dipastikan sebagai calon Bupati Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Pilkada setempat yang dijadwalkan 9 Desember 2015.


 "Dewan Pimpinan Pusat PKS sudah mengeluarkan surat keputusan persetujuan terhadap Abd Latief dan Chairansyah sebagai cabup dan cawabup Hulu Sungai Tengah (HST)," ujar Koordinator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Wilayah Kalimantan H Riswandi, di Banjarmasin, Selasa.

 Begitu pula Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Bulan Bintang (PBB) kabarnya sudah mengeluarkan surat keputusn (SK) yang merekomendasikan pasangan Abd Latief dan Chairansyah sebagai cabup dan cawabup HST, lanjut Ketua Fraksi PKS DPRD Kalsel itu.

 Dalam mengusung pasangan Abd Latief (pengusaha/anggota DPRD Kalsel dari Partai Golkar) dan Chairansyah (mantan Sekda Kabupaten Kotabaru, Kalsel), PKS berkoalisi dengan PBB, lanjut wakil rakyat yang bergelar sarjana ilmu pemerintahan tersebut..

 "Karena PKS dan PBB di DPRD HST masing-masing mendapat tiga kursi, sehingga berjumlah enam. Enam kursi perolehan di DPRD HST itu berarti memenuhi syarat untuk mengusung cabu/cawabup setempat," demikian Riswandi.

 Pada kesempatan terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PBB Kalsel H Pangeran Ibrahim, ketika dihubungi, membenarkan keterangan Riswandi, politisi PKS itu.

 "Memang kami PKS dan PBB sepakat mengusung Latief dan Chairansyah sebagai cabup dan cawabup HST pada Pilkada mendatang," katanya saat berada di Jakarta menjawab Antara Kalsel melalui telepon selular.

 Sementara Bupati HST H Harun Nurasyid mau maju kembali memimpin daerah yang menggunakan motto MURAKATA itu dengan menggunakan kendaraan politik, yaitu Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang mendapat empat kursi di DPRD kabupaten itu.

 Namun sampai saat belum keluar SK dari DPP Gerindra yang merekomendasikan petahana Bupati HST itu maju lagi pada Pilkada Desember mendatang.

 Menurut rencana, petahana itu untuk maju kembali sebagai cabup HST berpasangan dengan Fathurrhman, anggota DPRD setempat dari Partai Gerindra.

 Sedangkan Gerindra tak bisa mengusung sendiri cabup HST, kecuali harus berkoalisi atau minimal menambah dua kursi lagi di DPRD setempat.

 Kabar lain mengungkapkan, mantan Bupati HST dua periode H Saiful Rasyid mau menampilkan putranya dalam suksesi kepemimpinan daerah Bumi Murakata tersebut, yaitu H Aulia Oktafiandi (kini anggota DPRD Kalsel dari Gerindra).

 Saiful Rasyid sendiri yang mantan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PBB Kalsel, kini anggota DPR RI dari Gerindra asal daerah pemilihan provinsi setempat.    

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015