Peringatan Hari Jadi ke-71 Povinsi Kalimantan Selatan masih ditandai dengan merebaknya pandemi COVID-19 yang menjadi tantangan besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penjabat Gubernur Kalsel Safrizal ZA pada syukuran peringatan Hari Jadi ke-71 Pemprov Kalsel di Maghligai Pancasila Sabtu mengatakan, di tengah upaya pemerintah bergerak cepat untuk membangun kalimantan selatan dan mensejahterakan rakyat, hingga kini pandemi COVID-19 belum juga berakhir.

Pemprov Kalsel, dihadapkan dengan tantangan yang sangat besar dari pandemi COVID-19, yang belum menunjukkan tanda-tanda berakhir hingga satu setengah tahun ini.

Dampak dari pandemi ini telah menimbulkan masalah kesehatan, ekonomi hingga permasalahan sosial. 

Namun bagi urang banjar, tak pernah ada kata menyerah dalam melawan pandemi ini. Semangat kita tak pernah goyah dengan keteguhan berpegang pada semboyan “haram manyarah waja sampai kaputing”.

Upaya dan iktiar seluruh pihak terkait, untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 tak pernah padam dan mundur selangkah pun. 

"Kita akan terus memperbaiki kekurangan dan kelemahan dalam penanganan pandemi ini, baik dalam penerapan protokol kesehatan, program vaksinasi, penyaluran bantuan sosial maupun pemulihan ekonomi," katanya. 

Di samping itu, Safrizal mengingatkan tentang kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap bahaya pandemi ini. 

"Jika masyarakat disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih, maka pandemi ini akan segera cepat teratasi," katanya.
 
. (Antaranews Kalsel/Istimewa)

Karena itu, kata dia, melalui momentum hari jadi ini,  seluruh masyarakat Kalimantan Selatan,  untuk mematuhi secara penuh protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan. 

"Jagalah diri kita sendiri, saudara, keluarga dan tetangga kita dari penularan virus corona. Kita akan terhambat dalam membangun banua dan memajukan masyarakat jika pandemi ini masih melanda," katanya.

Prasyarat untuk terus melaju membangun kalimantan selatan maju, hanya bisa berlanjut dengan cepat jika keluar dari pandemi ini. 

Keunggulan Kalsel sebagai gerbang ibu kota negara, dengan beragam kekayaan sumber daya alam yang melimpah, akan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, jika provinsi ini bisa membebaskan diri dari virus corona.

Masa bergerak untuk membangun banua masih panjang. Banyak agenda dan program pembangunan untuk kita lanjutkan. Sinergi antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota harus kita tingkatkan. 

"Mari momentum hari jadi ini kita jadikan inspirasi untuk membangun banua secara bersama," katanya.

Mari maknai tema “rukui hajat, gawi basumangat, banua harat”, sebagai spirit kita untuk  menyongsong perjalanan provinsi kalimantan selatan yang lebih maju, lebih baik, lebih sejahtera, serta kehidupan rakyat yang berkemakmuran.  

Hadir pada acara tersebut, Para bupati/walikota se-Kalsel  atau yang mewkili, ajaran forum koordinasi pimpinan daerah, mantan gubernur dan wakil gubernur kalimantan selatan atau keluarga yang mewakili, sekretaris daerah beserta seluruh kepala SKPD di lingkungan Pemprov Kalsel.




 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021